Cara Membuat Kue Putu

Kue putu adalah salah satu jenis kue tradisional Indonesia yang terkenal. Kue ini biasanya terbuat dari tepung ketan dan gula merah yang diisi dengan kelapa parut. Jika Anda ingin membuat kue putu sendiri di rumah, berikut adalah cara membuat kue putu yang mudah dan enak.

1. Persiapan Bahan dan Alat

Sebelum memulai membuat kue putu, pastikan Anda sudah menyiapkan bahan dan alat yang dibutuhkan. Berikut adalah bahan dan alat yang harus disiapkan:

Bahan:

  • 500 gram tepung ketan
  • 200 gram gula merah, serut halus
  • 200 ml air matang
  • 200 gram kelapa parut kasar, kukus
  • Garam secukupnya

Alat:

  • Wadah adonan
  • Alat pengaduk
  • Alat pengukur
  • Alat pembuat kue putu
  • Wadah untuk mengisi kelapa parut

2. Membuat Adonan Kue Putu

Setelah menyiapkan semua bahan dan alat, langkah selanjutnya adalah membuat adonan kue putu. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1:

Campurkan tepung ketan dengan garam secukupnya dalam wadah adonan. Aduk rata.

Langkah 2:

Tambahkan air sedikit-sedikit sambil terus diaduk hingga adonan menjadi kalis dan mudah dibentuk.

Langkah 3:

Tambahkan serutan gula merah pada adonan dan aduk hingga merata.

Langkah 4:

Bulatkan adonan dan letakkan dalam wadah yang telah diolesi minyak goreng. Tutup wadah dengan kain bersih dan diamkan selama 15 menit agar adonan mengembang.

3. Mengisi Kelapa Parut

Sementara menunggu adonan mengembang, Anda bisa menyiapkan kelapa parut yang akan digunakan sebagai isian kue putu. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1:

Siapkan wadah dan tambahkan kelapa parut yang telah dikukus. Tambahkan gula secukupnya dan aduk rata.

Langkah 2:

Tambahkan sedikit air dan aduk kembali hingga kelapa parut menjadi lembap. Pastikan kelapa parut tidak terlalu basah atau terlalu kering.

4. Membentuk dan Mengukus Kue Putu

Setelah adonan mengembang dan kelapa parut siap, langkah selanjutnya adalah membentuk dan mengukus kue putu. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1:

Siapkan alat pembuat kue putu dan panaskan di atas api dengan menggunakan panci pengukus. Lumuri alat pembuat kue putu dengan minyak goreng agar adonan tidak lengket.

Langkah 2:

Bagi adonan menjadi beberapa bagian kecil dan bulatkan. Letakkan adonan pada bagian bawah alat pembuat kue putu.

Langkah 3:

Tekan adonan hingga rata dan buat lubang di tengah menggunakan jari. Isi lubang tersebut dengan kelapa parut yang telah disiapkan sebelumnya.

Langkah 4:

Tutup lubang dengan adonan dan tekan kembali hingga adonan merata.

Langkah 5:

Letakkan alat pembuat kue putu di dalam panci pengukus yang telah dipanaskan. Kukus selama 10-15 menit atau hingga kue matang.

5. Penyajian dan Penyimpanan Kue Putu

Setelah kue putu matang, angkat dari alat pembuat kue putu dan sajikan dalam piring. Kue putu biasanya disajikan dengan taburan kelapa parut di atasnya.

Jika ingin menyimpan kue putu, simpan dalam wadah tertutup dan simpan dalam lemari es. Kue putu dapat tahan hingga 2-3 hari jika disimpan dalam kondisi yang benar.

6. Kesimpulan

Membuat kue putu memang memerlukan sedikit usaha dan waktu, tetapi hasilnya pasti akan sangat memuaskan. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat membuat kue putu yang enak dan lezat di rumah. Selamat mencoba!

FAQs

1. Apa itu kue putu?

Kue putu adalah salah satu jenis kue tradisional Indonesia yang terbuat dari tepung ketan dan gula merah yang diisi dengan kelapa parut.

2. Apa bahan utama membuat kue putu?

Bahan utama untuk membuat kue putu adalah tepung ketan, gula merah, air, kelapa parut, dan garam.

3. Bagaimana cara menyimpan kue putu?

Jika ingin menyimpan kue putu, simpan dalam wadah tertutup dan simpan dalam lemari es. Kue putu dapat tahan hingga 2-3 hari jika disimpan dalam kondisi yang benar.

4. Apakah kue putu sulit dibuat?

Meskipun memerlukan sedikit usaha dan waktu, membuat kue putu sebenarnya tidak terlalu sulit. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat membuat kue putu yang enak dan lezat di rumah.

5. Bisakah saya membuat kue putu tanpa alat khusus?

Sayangnya, Anda memerlukan alat khusus untuk membuat kue putu. Alat tersebut biasanya terdiri dari silinder logam dengan lubang di tengahnya yang digunakan untuk membentuk adonan kue putu.

Leave a Comment