Cara Buat Steak Daging: Tips dan Trik agar Hasilnya Empuk dan Enak

Steak daging merupakan hidangan yang sangat populer di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Namun, untuk menghasilkan steak daging yang empuk dan enak bukanlah hal yang mudah. Ada beberapa faktor yang harus diperhatikan, seperti pemilihan daging, teknik memasak, dan bumbu yang digunakan.

Pemilihan Daging yang Tepat

Langkah pertama untuk membuat steak daging yang empuk adalah memilih daging yang tepat. Pilihlah daging yang segar dan berkualitas, dengan warna yang merata dan tidak terlalu banyak lemak. Beberapa jenis daging yang cocok untuk membuat steak adalah:

1. Tenderloin

Tenderloin atau fillet mignon adalah bagian daging yang sangat empuk dan lembut. Namun, harganya cukup mahal dibandingkan dengan bagian daging lainnya.

2. Sirloin

Sirloin adalah bagian daging yang lebih murah dari tenderloin, namun tetap empuk dan enak. Bagian ini memiliki lemak yang cukup banyak, sehingga memberikan rasa yang lebih kaya.

3. Ribeye

Ribeye adalah bagian daging yang paling banyak mengandung lemak, sehingga memberikan rasa yang lebih gurih dan enak. Namun, perlu hati-hati saat memasak bagian ini agar tidak terlalu berlemak.

Menyiapkan Daging sebelum Memasak

Setelah memilih daging yang tepat, langkah berikutnya adalah menyiapkan daging sebelum dimasak. Berikut adalah beberapa tips untuk menyiapkan daging:

1. Marinasi Daging

Marinasi daging adalah proses merendam daging dalam campuran bumbu selama beberapa waktu, agar bumbu meresap ke dalam daging. Beberapa bumbu yang cocok untuk marinasi steak adalah bawang putih, bawang bombay, lada hitam, dan minyak zaitun.

2. Pukul Daging

Membuat daging lebih tipis dengan cara memukulnya bisa membuat daging menjadi lebih empuk dan mudah dimasak. Gunakan palu daging atau benda berat lainnya untuk memukul daging secara perlahan.

3. Biarkan Daging Mencair

Jika daging belum mencapai suhu ruang, biarkan daging terlebih dahulu selama 30 menit hingga suhu mencapai kamar. Dengan begitu, daging akan matang secara merata saat dimasak.

Teknik Memasak Steak

Teknik memasak juga sangat penting dalam membuat steak daging yang empuk dan enak. Berikut adalah beberapa teknik memasak steak yang bisa kamu coba:

1. Panggang

Panggang daging di atas bara api atau menggunakan oven bisa memberikan hasil yang empuk dan renyah. Untuk penggunaan oven, panaskan dulu oven pada suhu 220 derajat Celsius dan panggang daging selama 6-8 menit untuk daging yang medium-rare.

2. Goreng

Memasak steak dengan cara digoreng juga bisa memberikan hasil yang empuk dan enak. Panaskan minyak goreng di atas wajan dan masak daging selama 3-5 menit untuk daging yang medium-rare.

3. Grill

Grill atau memanggang di atas grill bisa memberikan hasil yang empuk dan beraroma khas. Panaskan grill terlebih dahulu dan masak daging selama 4-6 menit untuk daging yang medium-rare.

Bumbu untuk Steak Daging

Bumbu juga sangat penting dalam membuat steak daging yang enak. Namun, jangan terlalu banyak menggunakan bumbu karena bisa menghilangkan rasa asli daging. Beberapa bumbu yang cocok untuk steak daging adalah:

1. Garam dan Lada

Garam dan lada adalah bumbu dasar yang bisa membuat rasa steak semakin enak. Taburkan garam dan lada di atas daging sebelum memasak.

2. Bawang Putih

Bawang putih bisa memberikan rasa yang khas dan sedikit pedas pada steak. Hancurkan bawang putih dan campurkan dengan minyak zaitun sebelum digunakan.

3. Herbs

Herbs seperti rosemary dan thyme bisa memberikan aroma dan rasa yang khas pada steak. Tempatkan beberapa helai herbs di atas daging sebelum memasak.

Tips Agar Steak Daging Empuk dan Enak

Untuk membuat steak daging yang empuk dan enak, perhatikan beberapa tips berikut:

1. Jangan Memotong Daging Terlalu Cepat

Setelah dimasak, biarkan daging terlebih dahulu selama beberapa menit agar jus bisa meresap ke dalam daging. Jangan memotong daging terlalu cepat karena jus bisa keluar dan membuat daging menjadi kering.

2. Hindari Memasak Terlalu Lama

Jangan memasak daging terlalu lama karena bisa membuat daging menjadi keras dan kering. Perhatikan waktu memasak dan jangan sekali-kali meninggalkan daging terlalu lama di atas panggangan.

3. Biarkan Daging Berebah Beberapa Menit

Setelah dimasak, biarkan daging berebah selama beberapa menit agar daging menjadi lebih empuk dan enak. Dengan begitu, daging akan lebih mudah dipotong dan memiliki tekstur yang lembut.

Kesimpulan

Membuat steak daging yang empuk dan enak memang tidak mudah, namun dengan memperhatikan beberapa faktor seperti pemilihan daging, teknik memasak, dan bumbu yang digunakan, kamu bisa menghasilkan steak daging yang sempurna. Jangan lupa untuk memperhatikan tips agar steak daging empuk dan enak, seperti jangan memotong daging terlalu cepat dan hindari memasak terlalu lama.

FAQ

1. Apa jenis daging yang cocok untuk membuat steak?

Beberapa jenis daging yang cocok untuk membuat steak adalah tenderloin, sirloin, dan ribeye.

2. Bagaimana cara membuat daging menjadi empuk?

Beberapa cara untuk membuat daging menjadi empuk adalah dengan merendam daging dalam marinasi, memukul daging agar lebih tipis, dan membiarkan daging mencapai suhu ruang terlebih dahulu.

3. Bagaimana cara memasak steak yang empuk dan enak?

Ada beberapa teknik memasak steak yang bisa dicoba, seperti panggang, goreng, dan grill. Perhatikan juga bumbu yang digunakan agar menghasilkan steak yang semakin enak.

4. Apa tips untuk membuat steak daging lebih empuk?

Beberapa tips untuk membuat steak daging lebih empuk adalah jangan memotong daging terlalu cepat, hindari memasak terlalu lama, dan biarkan daging berebah beberapa menit setelah dimasak.

5. Apa bumbu yang cocok untuk steak daging?

Bumbu yang cocok untuk steak daging antara lain garam dan lada, bawang putih, dan herbs seperti rosemary dan thyme.

Leave a Comment