Cara Ikat Tali Sepatu Converse

Converse menjadi salah satu brand sepatu yang sangat ikonik di dunia. Hingga saat ini, sepatu converse masih banyak digunakan oleh berbagai kalangan dan digunakan untuk berbagai acara. Sebagai sepatu yang sangat populer, converse memiliki banyak variasi model dan warna yang dapat disesuaikan dengan kepribadian penggunanya. Namun, meskipun tampilan sepatu converse terlihat simpel, ikat tali sepatu converse memiliki teknik yang cukup khas dan berbeda dengan jenis sepatu lainnya. Pada artikel ini, kami akan membahas “Cara Ikat Tali Sepatu Converse” agar kamu dapat mengikat tali sepatu converse dengan mudah dan benar.

1. Melakukan Pemilihan Tali Sepatu

Sebelum memulai cara mengikat tali sepatu converse, hal yang pertama dan paling penting adalah memilih tali sepatu yang tepat. Tali sepatu converse asli biasanya terbuat dari bahan kanvas berkualitas tinggi. Jika tali sepatu kamu aus atau sobek, sebaiknya ganti dengan tali sepatu yang baru agar tali sepatu kamu tidak longgar saat diikat dan tampilan sepatu kamu tetap rapi.

2. Mengetahui Jenis Tali Sepatu Converse

Sebelum kamu mulai mengikat tali sepatu converse, pastikan kamu mengetahui jenis tali sepatu converse yang kamu miliki. Seperti yang sudah dijelaskan, converse memiliki banyak variasi model dan warna. Beberapa tipe converse bahkan memiliki tali sepatu yang berbeda.

a. High Tops

Tali sepatu converse High Tops akan lebih panjang dari tipe sepatu lainnya. Hal ini disebabkan karena tipe High Tops memiliki shaft yang tinggi. Kamu bisa mengikat tali sepatu ini dengan mengikat dua kali atau tiga kali agar tampilan tali sepatu menjadi lebih pendek dan rapi.

b. Low Tops

Pada sepatu tipe Low Tops, tali sepatunya lebih pendek dan lebih mudah untuk diikat. Kamu hanya perlu mengikat tali sepatu satu atau dua kali agar terlihat rapi.

c. Slip Ons

Tipe sepatu Slip Ons tidak memiliki tali sepatu. Kamu hanya perlu memakai sepatu dan menyelipkan kaki dalam sepatu tersebut. Tampilan sepatu Slip Ons terlihat lebih simpel dan cocok untuk kamu yang ingin tampil praktis.

3. Memulai Mengikat Tali Sepatu

Setelah kamu mengetahui jenis tali sepatu yang kamu miliki, langkah selanjutnya adalah memulai mengikat tali sepatu. Berikut adalah cara mengikat tali sepatu converse yang benar:

a. Menyelipkan Tali Sepatu

Selipkan tali sepatu ke dalam lubang bagian bawah, lalu tarik tali sepatu ke atas hingga kedua ujung tali sepatu berada pada ketinggian yang sama.

b. Membuat X

Setelah kedua ujung tali sepatu berada pada ketinggian yang sama, tarik ujung tali sepatu kanan ke kiri dan ujung tali sepatu kiri ke kanan sehingga membentuk huruf X.

c. Membuat Loop

Setelah membentuk huruf X, ambil ujung tali sepatu kanan dan bungkus ke dalam loop yang dihasilkan oleh huruf X. Tarik ujung tali sepatu ke atas sehingga loop tersebut menjadi lebih ketat. Lakukan hal yang sama pada ujung tali sepatu kiri.

d. Melakukan Loop Kedua

Setelah membuat loop pada kedua ujung tali sepatu, bungkus ujung tali sepatu kanan ke dalam loop yang dihasilkan oleh tali sepatu kiri. Tarik ujung tali sepatu kanan ke atas dan lakukan hal yang sama pada ujung tali sepatu kiri.

e. Mengencangkan Tali Sepatu

Setelah selesai mengikat tali sepatu, pastikan tali sepatu kamu cukup ketat agar sepatu kamu tidak longgar saat digunakan. Kamu bisa menyesuaikan ketatannya dengan mengikat beberapa kali pada bagian loop yang kamu inginkan.

4. Memodifikasi Model Ikat Tali Sepatu

Jika kamu merasa bosan dengan model ikat tali sepatu converse yang biasa-biasa saja, kamu bisa mencoba beberapa model ikat tali sepatu yang lebih kreatif. Berikut adalah beberapa model ikat tali sepatu converse yang bisa kamu coba:

a. Straight Bar Lace

Straight Bar Lace adalah model ikat tali sepatu yang terlihat simpel dan rapi. Model ini memiliki tampilan tali sepatu yang lurus dan paralel. Kamu bisa menggunakan model ini untuk tampilan yang lebih formal.

b. Criss Cross Lacing

Criss Cross Lacing adalah model ikat tali sepatu yang terlihat lebih keren dan casual. Model ini memiliki tampilan tali sepatu yang saling bersilangan dan membentuk huruf X.

c. Spider Web Lacing

Spider Web Lacing adalah model ikat tali sepatu yang terlihat sangat kreatif dan unik. Model ini memiliki tampilan tali sepatu yang membentuk jaring laba-laba. Kamu bisa menggunakan model ini untuk tampilan yang lebih ekstrim.

5. Kesimpulan

Ikat tali sepatu converse terlihat simpel namun memiliki teknik yang berbeda dengan jenis sepatu lainnya. Dengan mengikuti cara ikat tali sepatu converse yang benar, kamu bisa membuat tampilan sepatu converse kamu lebih rapi dan menarik. Jika kamu bosan dengan model ikat tali sepatu converse yang biasa-biasa saja, kamu bisa mencoba beberapa model ikat tali sepatu yang lebih kreatif.

FAQs

1. Apa saja jenis tali sepatu converse?

Converse memiliki beberapa tipe sepatu seperti High Tops, Low Tops, dan Slip Ons. Setiap tipe sepatu memiliki tali sepatu yang berbeda.

2. Mengapa ikat tali sepatu converse berbeda dengan jenis sepatu lainnya?

Ikat tali sepatu converse memiliki teknik yang berbeda dengan jenis sepatu lainnya karena model sepatu converse memiliki lubang tali sepatu yang lebih banyak dari sepatu biasa.

3. Apakah tali sepatu converse bisa diganti dengan tali sepatu lainnya?

Ya, kamu bisa mengganti tali sepatu converse dengan tali sepatu lainnya. Namun, pastikan tali sepatu yang kamu gunakan memiliki panjang yang sesuai dan tidak terlalu tebal agar mudah diikat.

4. Bagaimana cara membuat ikat tali sepatu yang lebih kreatif?

Untuk membuat ikat tali sepatu yang lebih kreatif, kamu bisa mencoba beberapa model ikat tali sepatu seperti Straight Bar Lace, Criss Cross Lacing, dan Spider Web Lacing.

5. Bagaimana cara menjaga tampilan tali sepatu agar tetap rapi?

Untuk menjaga tampilan tali sepatu agar tetap rapi, pastikan kamu mengikat tali sepatu dengan benar dan memilih tali sepatu yang berkualitas tinggi. Kamu juga bisa membersihkan tali sepatu secara teratur agar tidak kotor dan aus.

Leave a Comment