Cara Memakai Kain Songket: Panduan Lengkap

Kain songket merupakan salah satu jenis kain tradisional Indonesia yang memiliki keunikan tersendiri dan sangat populer di kalangan masyarakat. Namun, banyak orang yang merasa sulit untuk memakai kain songket karena bahan dan motifnya yang berbeda dengan kain-kain biasa. Oleh karena itu, dalam artikel ini akan dijelaskan cara memakai kain songket dengan benar agar terlihat elegan dan rapi.

1. Pilih Model dan Motif Kain Songket yang Sesuai

Sebelum memakai kain songket, pilihlah model dan motif kain yang sesuai dengan acara atau kegiatan yang akan dihadiri. Misalnya, untuk acara pernikahan atau resmi, pilihlah motif songket yang lebih formal dengan warna yang netral seperti hitam, putih, atau silver. Sedangkan untuk acara yang lebih santai, pilihlah motif songket yang lebih cerah dan warna yang lebih terang.

2. Siapkan Kain Songket dan Aksesoris Pendukung

Setelah memilih model dan motif kain songket yang sesuai, siapkan kain songket dan aksesoris pendukung seperti sabuk, ikat pinggang, atau bros. Pastikan aksesoris yang dipilih sesuai dengan warna dan motif kain songket yang dipakai.

3. Kenakan Pakaian dalam yang Pas

Sebelum memakai kain songket, pastikan telah mengenakan pakaian dalam yang pas agar memudahkan saat memakai kain songket nantinya. Pilihlah pakaian dalam yang tidak terlalu ketat atau longgar agar terasa nyaman saat menggunakan kain songket.

4. Pastikan Kain Songket Sudah Dicuci dan Disetrika

Sebelum memakai kain songket, pastikan kain sudah dicuci dan disetrika terlebih dahulu untuk menghindari kerutan atau lipatan yang tidak rapi. Pilihlah deterjen yang lembut dan gunakan air dingin agar warna kain tidak mudah pudar.

5. Lipat Kain Songket Menjadi Setengah

Lipat kain songket menjadi setengah agar mudah dibawa dan dipakai. Pastikan lipatan kain songket di area tengah agar tidak terlihat terlalu banyak lipatan pada bagian depan atau belakang.

6. Letakkan Kain Songket pada Pinggang

Letakkan kain songket pada pinggang bagian belakang, dengan bagian yang lebih panjang di sisi kanan dan bagian yang lebih pendek di sisi kiri. Pastikan kain songket berada di atas pakaian dalam agar terlihat lebih rapi dan elegan.

7. Kaitkan Kain Songket pada Pinggang

Kaitkan kain songket pada pinggang dengan menggunakan aksesoris pendukung seperti sabuk, ikat pinggang, atau bros. Pastikan pengaitan kain songket tidak terlalu ketat atau terlalu longgar agar tidak terlihat kaku atau jatuh saat dipakai.

8. Satukan Lipatan Kain Songket

Satukan lipatan kain songket pada bagian depan agar terlihat rapi dan elegan. Pastikan lipatan kain songket diarea tengah dan tidak terlalu banyak.

9. Buat Lipatan Kain Songket pada Bagian Depan

Buat lipatan kain songket pada bagian depan untuk memberikan kesan lebih formal dan elegan. Lipatan kain songket pada bagian depan ini dapat dibuat dengan cara melipat kain songket menjadi segitiga kecil dan kemudian digulungkan pada bagian pinggang.

10. Rapikan Kain Songket pada Bagian Depan

Rapikan kain songket pada bagian depan agar terlihat lebih rapi dan elegan. Pastikan tidak ada kerutan atau lipatan yang tidak rapi pada kain songket.

11. Buat Lipatan Kain Songket pada Bagian Belakang

Buat lipatan kain songket pada bagian belakang untuk memberikan kesan lebih formal dan elegan. Lipatan kain songket pada bagian belakang ini dapat dibuat dengan cara melipat kain songket menjadi segitiga kecil dan kemudian digulungkan pada bagian pinggang.

12. Rapikan Kain Songket pada Bagian Belakang

Rapikan kain songket pada bagian belakang agar terlihat lebih rapi dan elegan. Pastikan tidak ada kerutan atau lipatan yang tidak rapi pada kain songket.

13. Buat Lipatan Kain Songket pada Bagian Samping

Buat lipatan kain songket pada bagian samping untuk memberikan kesan lebih formal dan elegan. Lipatan kain songket pada bagian samping ini dapat dibuat dengan cara melipat kain songket menjadi segitiga kecil dan kemudian digulungkan pada bagian pinggang.

14. Rapikan Kain Songket pada Bagian Samping

Rapikan kain songket pada bagian samping agar terlihat lebih rapi dan elegan. Pastikan tidak ada kerutan atau lipatan yang tidak rapi pada kain songket.

15. Letakkan Ujung Kain Songket pada Sisi Kiri

Letakkan ujung kain songket pada sisi kiri dan pastikan tidak terlalu panjang atau terlalu pendek. Ujung kain songket pada sisi kiri bisa dibiarkan menggantung atau diikat dengan menggunakan aksesoris pendukung seperti bros.

16. Tips Memakai Kain Songket untuk Laki-laki

Bagi laki-laki, cara memakai kain songket juga hampir sama dengan cara memakai kain songket untuk perempuan. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, antara lain:

16.1 Kenakan Baju Koko atau Jas

Kenakan baju koko atau jas sebagai pakaian dalam yang dikenakan sebelum memakai kain songket.

16.2 Hindari Memakai Ikat Pinggang

Hindari memakai ikat pinggang saat memakai kain songket karena akan membuat tampilan terlihat kaku dan kurang fleksibel.

16.3 Pilih Aksesoris yang Sesuai

Pilih aksesoris yang sesuai dengan warna dan motif kain songket yang dipakai seperti bros atau jepit pada bagian dada.

17. Tips Merawat Kain Songket

Setelah selesai memakai kain songket, pastikan untuk merawatnya dengan baik agar tetap awet dan terlihat indah. Beberapa tips merawat kain songket antara lain:

17.1 Jangan Menjemur di Bawah Sinar Matahari

Jangan menjemur kain songket di bawah sinar matahari langsung karena akan membuat warna kain cepat pudar.

17.2 Gunakan Deterjen yang Lembut

Gunakan deterjen yang lembut dan air dingin saat mencuci kain songket agar tidak merusak serat kain.

17.3 Simpan di Tempat yang Kering dan Sejuk

Simpan kain songket di tempat yang kering dan sejuk agar terhindar dari jamur atau serangga yang dapat merusak kain.

18. Kesimpulan

Demikianlah cara memakai kain songket dengan benar agar terlihat elegan dan rapi. Selain itu, perlu diingat untuk memilih model dan motif kain songket yang sesuai dengan acara atau kegiatan yang akan dihadiri serta merawat kain songket dengan baik agar tetap awet dan terlihat indah.

19. FAQs

1. Apakah kain songket hanya digunakan untuk acara formal saja?

Tidak, kain songket bisa digunakan untuk acara formal maupun tidak formal, tergantung pada model dan motif kain songket yang dipilih.

2. Bagaimana cara memilih aksesoris yang sesuai dengan kain songket yang dipakai?

Pilih aksesoris dengan warna dan motif yang senada dengan kain songket yang dipakai, seperti sabuk, ikat pinggang, atau bros.

3. Apakah kain songket bisa dicuci menggunakan mesin cuci?

Sebaiknya jangan, gunakan tangan saat mencuci kain songket agar tidak merusak serat kain.

4. Apa yang harus dilakukan jika kain songket terkena noda?

Cuci kain songket menggunakan deterjen yang lembut dan air dingin, dan gosok dengan lembut pada bagian yang terkena noda.

5. Berapa lama umur pakai kain songket?

Jika dirawat dengan baik, umur pakai kain songket bisa mencapai puluhan tahun.

Leave a Comment