Cara Memakai Pakaian Ihram

Memakai pakaian ihram adalah salah satu rukun haji yang harus dilakukan oleh jamaah haji. Pakaian ini memiliki aturan tertentu yang harus diikuti. Berikut adalah cara memakai pakaian ihram yang benar:

Persiapan Sebelum Memakai Pakaian Ihram

Sebelum memakai pakaian ihram, jamaah haji harus mempersiapkan beberapa hal berikut:

1. Membersihkan Diri

Sebelum memakai pakaian ihram, jamaah haji harus mandi wajib atau yang biasa disebut mandi ihram. Mandi ini dilakukan untuk membersihkan diri dari najis dan menjaga kesucian tubuh. Setelah mandi, jamaah haji harus mengenakan pakaian bersih dan menutup aurat.

2. Membaca Niat Ihram

Setelah membersihkan diri, jamaah haji harus membaca niat ihram. Niat ini dilakukan untuk memulai ibadah haji dan memasuki keadaan ihram. Niat ihram dibaca di tempat-tempat yang sudah ditentukan, seperti di Mekkah atau di miqat.

Cara Memakai Pakaian Ihram

Setelah mempersiapkan diri, jamaah haji dapat memakai pakaian ihram dengan cara berikut:

1. Pilih Pakaian Ihram yang Sesuai

Pakaian ihram terdiri dari kain putih yang terbuat dari serat alami. Kain ini harus memiliki ukuran tertentu, yaitu sekitar 1,5 x 2 meter. Pastikan kain yang dipilih tidak terlalu tebal atau berat, karena akan membuat jamaah haji merasa tidak nyaman saat memakainya.

2. Mengenakan Pakaian Ihram untuk Laki-laki

Untuk laki-laki, cara memakai pakaian ihram adalah sebagai berikut:

a. Memakai Izar

Izar adalah kain putih yang digunakan untuk menutup bagian bawah tubuh, mulai dari pinggang hingga mata kaki. Caranya adalah dengan melilitkan kain di sekitar pinggang dan mengikatnya.

b. Memakai Rida

Rida adalah kain putih yang digunakan untuk menutup bagian atas tubuh. Caranya adalah dengan melemparkan kain ke atas bahu kanan, kemudian menyelemparkan ke bahu kiri dan memasukkan ujung kain ke dalam ikatan pinggang.

3. Mengenakan Pakaian Ihram untuk Perempuan

Untuk perempuan, cara memakai pakaian ihram adalah sebagai berikut:

a. Mengenakan Busana Ihram

Busana ihram untuk perempuan terdiri dari baju dan celana panjang berwarna putih. Pastikan busana yang dipilih tidak terlalu ketat atau terlalu longgar. Sebaiknya pilih busana yang nyaman dipakai.

b. Menutup Rambut

Perempuan harus menutup rambutnya dengan kerudung atau jilbab. Pastikan rambut tidak terlihat dan tertutup rapat.

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan saat Memakai Pakaian Ihram

Selain cara memakai pakaian ihram yang benar, jamaah haji juga harus memperhatikan beberapa hal berikut:

1. Tidak Menggunakan Atribut Tambahan

Jamaah haji tidak boleh menggunakan atribut tambahan seperti parfum, wewangian, atau kacamata hitam saat memakai pakaian ihram. Hal ini bertujuan untuk menghindari hal-hal yang dapat mengurangi kesucian ihram.

2. Tidak Menggunakan Pakaian Ihram sebelum Waktu Ihram

Jamaah haji tidak boleh memakai pakaian ihram sebelum waktu ihram tiba. Waktu ihram dimulai dari miqat atau lokasi yang sudah ditentukan.

3. Tidak Membuka Jahitan pada Pakaian Ihram

Jamaah haji tidak diperbolehkan membuka jahitan pada pakaian ihram. Hal ini bertujuan untuk menghindari perubahan pada pakaian ihram yang dapat mengurangi kesuciannya.

Conclusion

Memakai pakaian ihram adalah salah satu rukun haji yang penting. Pakaian ini memiliki aturan tertentu yang harus diikuti oleh jamaah haji. Dalam memakai pakaian ihram, jamaah haji harus memperhatikan cara dan hal-hal yang perlu diperhatikan agar ihram dapat dilaksanakan dengan benar dan sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan.

FAQs

1. Apa itu pakaian ihram?

Pakaian ihram adalah pakaian yang dipakai oleh jamaah haji saat melakukan ibadah haji. Pakaian ini terdiri dari kain putih yang terbuat dari serat alami.

2. Bagaimana cara memakai pakaian ihram untuk laki-laki?

Untuk laki-laki, cara memakai pakaian ihram adalah dengan memakai izar dan rida. Izar digunakan untuk menutup bagian bawah tubuh, sedangkan rida digunakan untuk menutup bagian atas tubuh.

3. Bagaimana cara memakai pakaian ihram untuk perempuan?

Untuk perempuan, cara memakai pakaian ihram adalah dengan mengenakan busana ihram dan menutup rambut. Busana ihram untuk perempuan terdiri dari baju dan celana panjang berwarna putih.

4. Apa yang harus diperhatikan saat memakai pakaian ihram?

Saat memakai pakaian ihram, jamaah haji harus memperhatikan beberapa hal, seperti tidak menggunakan atribut tambahan, tidak menggunakan pakaian ihram sebelum waktu ihram tiba, dan tidak membuka jahitan pada pakaian ihram.

5. Apa saja persiapan sebelum memakai pakaian ihram?

Persiapan sebelum memakai pakaian ihram adalah membersihkan diri dengan mandi ihram dan membaca niat ihram.

Leave a Comment