Cara Memakai Peeling Gel yang Benar

Peeling gel adalah salah satu produk kecantikan yang cukup populer dalam industri perawatan kulit. Produk ini digunakan untuk mengangkat sel-sel kulit mati, membersihkan pori-pori, dan menyegarkan kulit wajah. Meskipun peeling gel terlihat mudah digunakan, namun ternyata banyak orang yang salah dalam menggunakannya. Berikut ini adalah cara memakai peeling gel yang benar.

1. Cuci wajah terlebih dahulu

Sebelum menggunakan peeling gel, pastikan wajah Anda bersih terlebih dahulu. Gunakan pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit Anda untuk membersihkan wajah dari kotoran, minyak, dan makeup. Jangan lupa untuk mengeringkan wajah dengan handuk setelahnya.

2. Oleskan peeling gel pada wajah

Selanjutnya, oleskan peeling gel pada wajah dan pijat perlahan dengan gerakan melingkar. Hindari area mata dan bibir karena kulit di area tersebut lebih sensitif. Jangan terlalu banyak menggosok wajah karena bisa merusak kulit.

3. Biarkan selama beberapa saat

Setelah mengoleskan peeling gel, biarkan selama beberapa saat (biasanya sekitar 30 detik hingga 1 menit) agar produk meresap ke dalam kulit. Jangan biarkan terlalu lama karena bisa membuat kulit kering dan menyebabkan iritasi.

4. Gosokkan dengan air

Setelah beberapa saat, basahi wajah dengan air dan gosokkan dengan gerakan melingkar. Gosok wajah dengan lembut dan hindari area mata dan bibir. Setelah selesai, bilas wajah dengan air bersih dan keringkan dengan handuk.

5. Gunakan peeling gel secara teratur

Untuk hasil yang optimal, gunakan peeling gel secara teratur. Biasanya, peeling gel dapat digunakan 1-2 kali dalam seminggu tergantung pada jenis kulit Anda. Jangan terlalu sering menggunakan peeling gel karena bisa merusak kulit dan membuatnya menjadi kering.

6. Pilih peeling gel yang sesuai dengan jenis kulit Anda

Ada banyak jenis peeling gel yang beredar di pasaran, jadi pastikan Anda memilih yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Jika Anda memiliki kulit sensitif, pilih peeling gel yang mengandung bahan-bahan yang lembut dan tidak menyebabkan iritasi.

7. Perhatikan tanggal kedaluwarsa

Jangan lupa untuk memeriksa tanggal kedaluwarsa pada kemasan peeling gel sebelum menggunakannya. Jangan menggunakan peeling gel yang sudah kadaluwarsa karena bisa membuat kulit Anda iritasi atau merusaknya.

8. Gunakan dengan hati-hati jika Anda memiliki kulit kering

Jika Anda memiliki kulit kering, gunakan peeling gel dengan hati-hati karena bisa membuat kulit menjadi lebih kering. Pilih peeling gel yang mengandung bahan-bahan yang melembapkan dan jangan terlalu sering menggunakannya.

9. Hindari penggunaan peeling gel jika Anda memiliki jerawat aktif

Jika Anda memiliki jerawat aktif atau kulit yang sedang bermasalah, hindari penggunaan peeling gel karena bisa membuat kondisi kulit menjadi lebih buruk. Tunggu hingga kondisi kulit membaik sebelum menggunakan peeling gel.

10. Jangan gunakan peeling gel setelah melakukan perawatan lain pada kulit wajah

Jangan gunakan peeling gel setelah melakukan perawatan lain pada kulit wajah seperti facial atau penggunaan produk skincare yang mengandung bahan-bahan aktif. Tunggu hingga beberapa hari setelah perawatan sebelum menggunakan peeling gel.

11. Gunakan sunscreen setelah menggunakan peeling gel

Setelah menggunakan peeling gel, jangan lupa untuk menggunakan sunscreen untuk melindungi kulit dari sinar matahari. Kulit yang telah dipeeling akan lebih rentan terhadap paparan sinar UV, sehingga sangat penting untuk menggunakan sunscreen.

12. Jangan gunakan peeling gel pada kulit yang terbakar matahari

Jangan menggunakan peeling gel pada kulit yang terbakar matahari karena akan membuat kondisi kulit menjadi lebih buruk. Tunggu hingga kulit pulih dan tidak terlalu merah sebelum menggunakan peeling gel.

13. Gunakan produk-produk perawatan kulit yang lain dengan bijak

Selain menggunakan peeling gel, pastikan Anda juga menggunakan produk-produk perawatan kulit yang lain dengan bijak. Jangan menggunakan terlalu banyak produk dalam satu waktu karena bisa membuat kulit kering dan menjadi lebih rentan terhadap iritasi.

14. Bersihkan wajah sebelum tidur

Jangan lupa untuk membersihkan wajah sebelum tidur, terutama setelah menggunakan peeling gel. Membersihkan wajah sebelum tidur akan membantu menghilangkan kotoran dan minyak yang menumpuk di kulit wajah sehingga kulit tetap sehat dan segar.

15. Perhatikan reaksi kulit setelah menggunakan peeling gel

Setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda-beda, sehingga reaksi kulit terhadap peeling gel juga bisa berbeda-beda. Perhatikan reaksi kulit setelah menggunakan peeling gel dan hentikan penggunaan jika terjadi iritasi atau alergi.

16. Jangan terlalu sering menggunakan produk eksfoliasi lainnya

Jangan terlalu sering menggunakan produk eksfoliasi lainnya seperti scrub atau masker karena bisa merusak kulit. Gunakan produk eksfoliasi dengan bijak dan pilih yang sesuai dengan jenis kulit Anda.

17. Hindari penggunaan peeling gel di sekitar area sensitif

Hindari penggunaan peeling gel di sekitar area sensitif seperti area hidung atau dagu karena kulit di area tersebut lebih tipis dan rentan terhadap iritasi.

18. Jangan gunakan peeling gel pada kulit yang sedang mengalami peradangan

Jangan menggunakan peeling gel pada kulit yang sedang mengalami peradangan seperti eksim atau dermatitis karena bisa membuat kondisi kulit menjadi lebih buruk. Tunggu hingga kondisi kulit membaik sebelum menggunakan peeling gel.

19. Perhatikan takaran yang digunakan

Perhatikan takaran yang digunakan saat mengoleskan peeling gel. Jangan terlalu banyak menggunakannya karena bisa merusak kulit dan membuatnya menjadi lebih kering.

20. Lakukan tes kulit terlebih dahulu

Jika Anda memiliki kulit yang sensitif atau rentan terhadap iritasi, lakukan tes kulit terlebih dahulu sebelum menggunakan peeling gel. Oleskan sedikit produk di area yang tidak terlihat dan tunggu beberapa saat untuk melihat apakah ada reaksi kulit atau tidak.

Kesimpulan

Menggunakan peeling gel memang cukup mudah, namun perlu dilakukan dengan benar agar tidak merusak kulit. Pastikan Anda memilih peeling gel yang sesuai dengan jenis kulit Anda dan menggunakannya dengan hati-hati. Jangan lupa untuk membersihkan wajah sebelum dan setelah penggunaan peeling gel, serta menggunakan sunscreen untuk melindungi kulit dari sinar matahari.

FAQs

1. Apakah peeling gel aman untuk digunakan setiap hari?

Tidak, peeling gel sebaiknya tidak digunakan setiap hari karena bisa merusak kulit dan membuatnya menjadi kering. Gunakan peeling gel 1-2 kali dalam seminggu tergantung pada jenis kulit Anda.

2. Apakah peeling gel efektif untuk mengurangi jerawat?

Peeling gel dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan membersihkan pori-pori, namun tidak efektif untuk mengurangi jerawat. Gunakan produk yang khusus untuk mengatasi jerawat jika Anda memiliki masalah kulit tersebut.

3. Apakah peeling gel aman untuk digunakan oleh remaja?

Peeling gel aman untuk digunakan oleh remaja, namun pastikan Anda memilih produk yang sesuai dengan jenis kulit dan tidak terlalu sering menggunakannya.

4. Apakah peeling gel bisa digunakan pada kulit tubuh?

Ya, peeling gel juga dapat digunakan pada kulit tubuh untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan menyegarkan kulit. Namun, pastikan Anda memilih produk yang sesuai dengan jenis kulit tubuh Anda.

5. Apakah peeling gel bisa digunakan pada kulit yang sensitif?

Peeling gel bisa digunakan pada kulit yang sensitif, namun pilih produk yang mengandung bahan-bahan yang lembut dan tidak menyebabkan iritasi. Lakukan tes kulit terlebih dahulu sebelum menggunakan peeling gel.

Leave a Comment