Cara Membaca Alat Ukur Jangka Sorong

Alat ukur jangka sorong adalah salah satu alat ukur yang sering digunakan dalam dunia teknik dan industri manufaktur. Alat ini digunakan untuk mengukur jarak antara dua titik dengan tingkat ketepatan yang tinggi. Namun, untuk membaca dan menggunakan alat ini dengan benar, diperlukan pengetahuan yang cukup agar hasil pengukuran tidak salah dan akurat. Berikut ini adalah cara membaca alat ukur jangka sorong yang benar.

Pengenalan Alat Ukur Jangka Sorong

Sebelum membahas lebih jauh mengenai cara membaca alat ukur jangka sorong, ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu bagian-bagian dari alat ini. Alat ukur jangka sorong terdiri dari beberapa bagian penting seperti:

1. Rahang Tetap

Bagian ini merupakan salah satu rahang yang tidak dapat bergerak dan menjadi acuan untuk pengukuran.

2. Rahang Geser

Bagian ini merupakan rahang yang dapat digerakkan untuk menyesuaikan ukuran yang akan diukur.

3. Skala Utama

Skala utama terdapat pada bagian badan alat ukur jangka sorong dan digunakan sebagai acuan pengukuran.

4. Skala Nonius

Skala nonius terletak pada rahang geser dan digunakan untuk membaca hasil pengukuran.

5. Tombol Pengunci

Tombol pengunci digunakan untuk mengunci rahang geser pada posisi yang telah diatur.

Cara Menggunakan Alat Ukur Jangka Sorong

Setelah mengenal bagian-bagian utama dari alat ukur jangka sorong, berikut ini adalah cara menggunakannya:

1. Siapkan Alat Ukur Jangka Sorong

Pertama-tama, siapkan alat ukur jangka sorong dan pastikan bahwa bagian-bagian utamanya dalam kondisi baik dan tidak rusak.

2. Atur Ukuran Yang Akan Diukur

Setelah alat siap digunakan, atur ukuran yang akan diukur dengan menggeser rahang geser sesuai dengan ukuran yang dibutuhkan.

3. Kunci Rahang Geser

Setelah mengatur ukuran yang akan diukur, kunci rahang geser dengan menggunakan tombol pengunci agar posisinya tidak berubah saat diukur.

4. Baca Skala Utama

Baca skala utama pada bagian badan alat ukur jangka sorong dan catat hasil pengukurannya.

5. Baca Skala Nonius

Baca skala nonius pada rahang geser dan cocokkan dengan skala utama. Hasil pengukuran bisa dilihat pada bagian ini.

Cara Membaca Alat Ukur Jangka Sorong Dengan Benar

Setelah menguasai cara menggunakan alat ukur jangka sorong, maka penting untuk membaca hasil pengukuran dengan benar agar tidak terjadi kesalahan dalam mengukur. Berikut ini adalah cara membaca alat ukur jangka sorong dengan benar:

1. Baca Skala Utama

Mulai dari nol pada skala utama, baca angka yang terletak tepat di bawah garis rahang tetap. Angka tersebut merupakan hasil pengukuran utama dan biasanya terdiri dari beberapa angka di belakang koma.

2. Baca Skala Nonius

Setelah mengetahui hasil pengukuran utama, baca skala nonius pada rahang geser dan cocokkan dengan skala utama. Hasil pengukuran bisa dilihat pada bagian ini.

3. Hitung Hasil Pengukuran

Hitung hasil pengukuran dengan cara menjumlahkan hasil pengukuran utama dan nonius. Hasil yang didapat merupakan hasil pengukuran akhir.

Tips Menggunakan Alat Ukur Jangka Sorong

Untuk memperoleh hasil pengukuran yang akurat dan tepat, ada beberapa tips yang bisa dilakukan dalam menggunakan alat ukur jangka sorong. Berikut ini adalah tipsnya:

1. Pastikan Alat Dalam Kondisi Baik

Sebelum digunakan, pastikan bahwa alat dalam kondisi baik dan tidak rusak. Hal ini akan meminimalisir kesalahan dalam pengukuran.

2. Gunakan Alat Dengan Benar

Pastikan bahwa alat digunakan dengan benar dan sesuai dengan petunjuk penggunaannya. Hal ini akan memudahkan dalam membaca hasil pengukuran.

3. Hindari Getaran

Hindari getaran saat mengukur agar hasil pengukuran tidak terganggu.

4. Gunakan Alat Dengan Stabil

Pastikan bahwa alat digunakan dengan stabil dan tidak bergoyang-goyang saat sedang digunakan.

Kesimpulan

Cara membaca alat ukur jangka sorong sebenarnya cukup mudah, namun membutuhkan ketelitian dan pengetahuan yang cukup agar hasil pengukuran akurat dan tepat. Dengan mengikuti langkah-langkah dan tips yang telah dijelaskan di atas, diharapkan pembaca dapat membaca alat ukur jangka sorong dengan benar dan memperoleh hasil pengukuran yang akurat.

FAQs

1. Apa itu alat ukur jangka sorong?

Alat ukur jangka sorong adalah salah satu alat ukur yang sering digunakan dalam dunia teknik dan industri manufaktur. Alat ini digunakan untuk mengukur jarak antara dua titik dengan tingkat ketepatan yang tinggi.

2. Apa saja bagian-bagian alat ukur jangka sorong?

Alat ukur jangka sorong terdiri dari beberapa bagian penting seperti rahang tetap, rahang geser, skala utama, skala nonius, dan tombol pengunci.

3. Bagaimana cara membaca skala utama pada alat ukur jangka sorong?

Mulai dari nol pada skala utama, baca angka yang terletak tepat di bawah garis rahang tetap. Angka tersebut merupakan hasil pengukuran utama dan biasanya terdiri dari beberapa angka di belakang koma.

4. Bagaimana cara membaca skala nonius pada alat ukur jangka sorong?

Baca skala nonius pada rahang geser dan cocokkan dengan skala utama. Hasil pengukuran bisa dilihat pada bagian ini.

5. Apa saja tips menggunakan alat ukur jangka sorong?

Beberapa tips menggunakan alat ukur jangka sorong antara lain pastikan alat dalam kondisi baik, gunakan alat dengan benar, hindari getaran, dan gunakan alat dengan stabil.

Leave a Comment