Cara Membuat Bunga Matahari

Bunga matahari adalah salah satu bunga yang sangat populer dan sering dijadikan sebagai hadiah atau dekorasi pada acara-acara tertentu. Meskipun terlihat rumit, membuat bunga matahari sebenarnya cukup mudah dan dapat dilakukan sendiri di rumah. Dalam artikel ini, kami akan membahas cara membuat bunga matahari yang mudah dan praktis.

1. Persiapan Bahan-Bahan

Sebelum memulai membuat bunga matahari, pastikan Anda sudah menyiapkan semua bahan yang diperlukan. Berikut adalah bahan-bahan yang diperlukan:

Bahan Utama:

  • Kertas krep warna kuning, hijau dan coklat
  • Stik es krim
  • Kawat halus
  • Pita perak
  • Lem tembak
  • Gunting

Bahan Tambahan:

  • Pensil
  • Penggaris
  • Kertas krep warna merah (jika ingin membuat kelopak bunga yang berwarna)

2. Membuat Kelopak Bunga Matahari

Langkah pertama dalam membuat bunga matahari adalah membuat kelopak bunga. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1:

Gulung kertas krep warna kuning sampai menjadi bentuk silinder. Potong kertas tersebut menjadi beberapa bagian dengan ukuran yang sama. Setiap kertas akan menjadi satu kelopak bunga.

Langkah 2:

Lipat setiap bagian kertas krep kuning menjadi dua bagian. Gunakan gunting untuk memotong kertas tersebut menyerupai bentuk segitiga.

Langkah 3:

Gunakan gunting untuk memotong bagian atas segitiga menjadi berbentuk melengkung.

Langkah 4:

Buka lipatan kertas krep kuning yang telah dipotong. Lakukan hal yang sama pada semua bagian kertas tersebut.

Langkah 5:

Setelah semua bagian kelopak bunga selesai dipotong dan dibuka, susun kelopak-kelopak tersebut dan rekatkan menggunakan lem tembak.

3. Membuat Tangkai Bunga Matahari

Setelah kelopak bunga selesai dibuat, selanjutnya adalah membuat tangkai bunga matahari. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1:

Siapkan stik es krim dan kawat halus. Lipat kawat halus menjadi dua bagian dan rekatkan pada stik es krim menggunakan lem tembak.

Langkah 2:

Gulung kertas krep hijau sampai menjadi bentuk silinder. Potong kertas tersebut menjadi beberapa bagian dengan ukuran yang sama. Setiap kertas akan menjadi satu daun pada tangkai bunga.

Langkah 3:

Lipat setiap bagian kertas krep hijau menjadi dua bagian. Gunakan gunting untuk memotong kertas tersebut menyerupai bentuk daun.

Langkah 4:

Rekatkan daun-daun tersebut pada kawat halus menggunakan lem tembak.

Langkah 5:

Buatlah kelopak bunga matahari yang telah dibuat sebelumnya menjadi satu dengan kawat halus dan stik es krim dengan cara merekatkannya menggunakan lem tembak.

4. Membuat Bagian Tengah Bunga Matahari

Terakhir, Anda perlu membuat bagian tengah bunga matahari. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1:

Gulung kertas krep warna coklat sampai menjadi bentuk silinder. Potong kertas tersebut menjadi beberapa bagian dengan ukuran yang sama. Setiap kertas akan menjadi satu bagian tengah bunga.

Langkah 2:

Lipat setiap bagian kertas krep coklat menjadi dua bagian. Gunakan gunting untuk memotong kertas tersebut menjadi beberapa bagian tipis dan serupa seperti bulu-bulu.

Langkah 3:

Tempelkan bulu-bulu tersebut pada satu sisi bagian tengah bunga menggunakan lem tembak.

Langkah 4:

Rekatkan bagian tengah bunga ini pada tengah kelopak bunga menggunakan lem tembak.

5. Finishing Bunga Matahari

Setelah semua bagian bunga matahari selesai dibuat, Anda dapat melakukan finishing dengan cara merapikan kelopak bunga, daun, dan stik es krim. Anda juga dapat memberikan warna pada kelopak bunga matahari menggunakan kertas krep warna merah.

Conclusion

Demikianlah cara membuat bunga matahari yang mudah dan praktis. Dengan bahan-bahan yang sederhana dan langkah-langkah yang jelas, Anda dapat membuat bunga matahari sendiri di rumah. Selamat mencoba!

FAQs

1. Apa bahan utama yang dibutuhkan untuk membuat bunga matahari?

Bahan utama yang dibutuhkan untuk membuat bunga matahari adalah kertas krep warna kuning, hijau dan coklat, stik es krim, kawat halus, pita perak, lem tembak, dan gunting.

2. Apa yang harus dilakukan setelah membuat kelopak bunga matahari?

Setelah membuat kelopak bunga matahari, Anda perlu membuat tangkai bunga dengan menggunakan stik es krim, kawat halus dan daun-daun yang dibuat dari kertas krep hijau.

3. Apa yang harus dilakukan setelah membuat bagian tengah bunga matahari?

Setelah membuat bagian tengah bunga matahari, tempelkan bagian tengah tersebut pada tengah kelopak bunga menggunakan lem tembak. Kemudian lakukan finishing dengan merapikan kelopak bunga, daun, dan stik es krim.

4. Apakah bunga matahari dapat dibuat dengan warna selain kuning?

Ya, Anda dapat memberikan warna pada kelopak bunga matahari menggunakan kertas krep warna lain seperti merah.

5. Bisakah membuat bunga matahari dengan menggunakan bahan yang lebih murah?

Tentu saja, Anda dapat mengganti kertas krep dengan kertas origami atau kertas tisu. Namun, pastikan kertas yang digunakan cukup kuat dan tidak mudah rusak.

Leave a Comment