Cara Membuat Kerupuk Jengkol

Kerupuk jengkol merupakan salah satu jenis kerupuk yang terbuat dari bahan dasar jengkol. Kerupuk jengkol memiliki rasa yang khas dan sering menjadi camilan favorit bagi sebagian orang. Namun, tidak banyak orang yang tahu cara membuat kerupuk jengkol yang benar. Berikut adalah cara membuat kerupuk jengkol yang mudah dan praktis.

Bahan-Bahan yang Diperlukan

Untuk membuat kerupuk jengkol, ada beberapa bahan yang diperlukan, di antaranya:

1. Jengkol

Jengkol merupakan bahan dasar yang paling penting dalam membuat kerupuk jengkol. Pilih jengkol yang masih segar dan tidak berbau tidak sedap. Pastikan juga jengkol yang dipilih telah bersih dari kulit dan kotoran.

2. Tepung Tapioka

Tepung tapioka berfungsi sebagai bahan pengikat dalam pembuatan kerupuk jengkol. Tepung tapioka juga membuat tekstur kerupuk menjadi lebih kenyal dan renyah.

3. Bawang Putih

Bawang putih berfungsi sebagai bumbu pengharum dan penambah cita rasa pada kerupuk jengkol.

4. Garam

Garam berfungsi sebagai bumbu penyedap pada kerupuk jengkol.

5. Air

Air digunakan sebagai bahan pengencer pada adonan kerupuk jengkol.

Cara Membuat Kerupuk Jengkol

Berikut adalah cara membuat kerupuk jengkol yang mudah dan praktis:

1. Siapkan Jengkol

Pertama-tama, siapkan jengkol yang telah dicuci dan dikupas kulitnya. Potong jengkol menjadi irisan tipis dan rendam dalam air selama kurang lebih 3 jam untuk menghilangkan bau tidak sedap dan membuat jengkol menjadi empuk.

2. Haluskan Bawang Putih

Selanjutnya, haluskan bawang putih dengan menggunakan blender atau ulekan. Tambahkan sedikit air agar bawang putih lebih mudah dihaluskan.

3. Campurkan Semua Bahan

Campurkan jengkol yang telah direndam dengan tepung tapioka, bawang putih yang telah dihaluskan, garam, dan air. Aduk rata hingga semua bahan tercampur dengan baik.

4. Bentuk Adonan Kerupuk

Panaskan minyak dalam wajan. Ambil satu sendok makan adonan kerupuk jengkol dan bentuk adonan menjadi bulat pipih atau sesuai dengan selera. Goreng adonan kerupuk hingga matang dan berwarna kecoklatan.

5. Tiriskan dan Sajikan

Angkat kerupuk jengkol dari minyak dan tiriskan. Kerupuk jengkol siap disajikan sebagai camilan atau pelengkap makanan.

Tips Membuat Kerupuk Jengkol yang Enak

Berikut adalah tips untuk membuat kerupuk jengkol yang enak dan lezat:

1. Pilih Jengkol yang Segar

Pilih jengkol yang masih segar dan tidak berbau tidak sedap agar hasil kerupuk jengkol menjadi enak dan tidak amis.

2. Rendam Jengkol dalam Air

Rendam jengkol dalam air selama kurang lebih 3 jam untuk menghilangkan bau tidak sedap dan membuat jengkol menjadi empuk.

3. Tambahkan Bumbu yang Cukup

Tambahkan bawang putih dan garam secukupnya agar cita rasa kerupuk jengkol lebih terasa dan enak.

4. Bentuk Adonan dengan Sama Ukuran

Bentuk adonan kerupuk jengkol dengan ukuran yang sama agar matangnya merata dan teksturnya menjadi lebih renyah.

5. Gunakan Minyak yang Sudah Dipakai

Gunakan minyak yang sudah dipakai untuk menggoreng kerupuk jengkol agar hasilnya lebih renyah dan gurih.

Kesimpulan

Membuat kerupuk jengkol tidaklah sulit. Dengan beberapa bahan dan cara yang tepat, Anda dapat membuat kerupuk jengkol yang enak dan lezat. Pastikan memilih jengkol yang segar dan bersih, serta mengikuti tips-tips di atas agar hasilnya maksimal.

FAQs

1. Apa itu kerupuk jengkol?

Kerupuk jengkol adalah jenis kerupuk yang terbuat dari jengkol yang diiris tipis dan dicampur dengan tepung tapioka, bawang putih, garam, dan air. Kerupuk jengkol memiliki rasa yang khas dan sering menjadi camilan favorit bagi sebagian orang.

2. Bagaimana cara memilih jengkol yang baik untuk membuat kerupuk jengkol?

Pilih jengkol yang masih segar dan tidak berbau tidak sedap. Pastikan juga jengkol yang dipilih telah bersih dari kulit dan kotoran.

3. Apa saja bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat kerupuk jengkol?

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat kerupuk jengkol antara lain jengkol, tepung tapioka, bawang putih, garam, dan air.

4. Bagaimana cara membuat kerupuk jengkol?

Cara membuat kerupuk jengkol cukup mudah. Pertama-tama, siapkan jengkol yang telah dicuci dan dikupas kulitnya. Potong jengkol menjadi irisan tipis dan rendam dalam air selama kurang lebih 3 jam untuk menghilangkan bau tidak sedap dan membuat jengkol menjadi empuk. Selanjutnya, campurkan jengkol yang telah direndam dengan tepung tapioka, bawang putih yang telah dihaluskan, garam, dan air. Aduk rata hingga semua bahan tercampur dengan baik. Bentuk adonan kerupuk jengkol menjadi bulat pipih atau sesuai dengan selera. Goreng adonan kerupuk hingga matang dan berwarna kecoklatan.

5. Apa tips agar kerupuk jengkol lebih enak?

Beberapa tips untuk membuat kerupuk jengkol yang enak dan lezat antara lain memilih jengkol yang segar, merendam jengkol dalam air sebelum digunakan, menambahkan bumbu yang cukup, dan mengikuti langkah-langkah pembuatan dengan baik.

Leave a Comment