Cara Membuat Lampion dari Stik Es Krim

Menjelang datangnya perayaan hari besar seperti Natal, Tahun Baru, atau perayaan keagamaan lainnya, dekorasi menjadi hal yang tak boleh terlewatkan. Salah satu dekorasi yang bisa dipilih adalah lampion. Namun, terkadang harga lampion di pasaran cukup mahal. Nah, jika ingin membuat lampion yang unik dan murah meriah, coba membuatnya dari stik es krim. Berikut cara membuat lampion dari stik es krim yang bisa dicoba.

1. Persiapan Alat dan Bahan

Sebelum mulai membuat lampion, persiapkan terlebih dahulu alat dan bahan yang diperlukan. Alat yang dibutuhkan antara lain:

a. Gunting

Gunting yang dibutuhkan adalah gunting yang tajam agar memudahkan saat memotong stik es krim. Gunting bisa digunakan untuk memotong stik es krim atau kertas.

b. Lem

Lem yang digunakan bisa jenis lem tembak atau lem kayu. Pastikan lem yang digunakan kuat menempel stik es krim.

c. Kuas

Kuas untuk mengoleskan lem pada stik es krim sehingga mudah dan rapi saat ditempelkan. Pilih kuas yang lebar dan tidak mudah rontok.

Selain alat, bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain:

a. Stik Es Krim

Sebanyak mungkin stik es krim yang dibutuhkan tergantung dari ukuran lampion yang diinginkan. Pastikan stik es krim sudah bersih dari sisa-sisa es krim.

b. Kertas Transparan

Kertas transparan dibutuhkan untuk memberikan efek lampu pada lampion. Pilih kertas yang cukup tebal agar tidak mudah sobek saat ditempelkan dan tidak mengganggu cahaya dari lilin atau lampu yang diletakkan di dalam lampion.

c. Lilin atau Lampu Kecil

Lilin atau lampu kecil digunakan sebagai sumber cahaya pada lampion. Pilih lilin atau lampu yang tidak mudah padam dan aman digunakan.

2. Membuat Bentuk Dasar Lampion

Langkah pertama dalam membuat lampion dari stik es krim adalah membuat bentuk dasar lampion. Bentuk dasar lampion bisa berupa bentuk persegi, segitiga, atau bentuk lain yang diinginkan. Cara membuat bentuk dasar lampion dari stik es krim adalah sebagai berikut:

a. Siapkan stik es krim sebanyak mungkin

Siapkan stik es krim sebanyak mungkin tergantung dari ukuran lampion yang diinginkan. Pastikan stik es krim sudah bersih dari sisa-sisa es krim.

b. Potong stik es krim

Potong stik es krim menjadi beberapa bagian. Potongan bisa berupa ukuran yang sama atau berbeda tergantung dari bentuk dasar lampion yang diinginkan.

c. Rapatkan stik es krim

Rapatkan stik es krim dengan cara menempelkan satu dengan yang lainnya. Pastikan stik es krim yang ditempel rapi dan tidak bergeser.

3. Membuat Kerangka Lampion

Setelah bentuk dasar lampion sudah jadi, langkah selanjutnya adalah membuat kerangka lampion. Kerangka lampion terdiri dari beberapa bagian yang nantinya akan dirangkai menjadi satu. Cara membuat kerangka lampion dari stik es krim adalah sebagai berikut:

a. Siapkan stik es krim dan lem

Siapkan stik es krim sebanyak mungkin tergantung dari bentuk lampion yang diinginkan. Pastikan stik es krim sudah bersih dari sisa-sisa es krim. Siapkan lem yang kuat menempel stik es krim.

b. Potong stik es krim

Potong stik es krim menjadi beberapa bagian. Potongan bisa berupa ukuran yang sama atau berbeda tergantung dari bentuk lampion yang diinginkan.

c. Bentuk stik es krim

Bentuk stik es krim menjadi beberapa bagian yang nantinya akan dirangkai menjadi kerangka lampion. Jika ingin membuat lampion berbentuk bola, bentuk stik es krim menjadi beberapa lingkaran dengan ukuran yang sama atau berbeda. Jika ingin membuat lampion berbentuk lain, sesuaikan dengan bentuk dasar lampion yang sudah dibuat sebelumnya.

d. Tempelkan stik es krim

Tempelkan stik es krim satu dengan lainnya dengan lem hingga membentuk kerangka lampion. Pastikan kerangka lampion rapi dan kuat.

4. Membuat Kertas Transparan sebagai Penutup Lampion

Setelah kerangka lampion sudah jadi, saatnya membuat kertas transparan sebagai penutup lampion. Kertas transparan dibutuhkan untuk memberikan efek lampu pada lampion. Cara membuat kertas transparan sebagai penutup lampion adalah sebagai berikut:

a. Siapkan kertas transparan yang cukup tebal

Siapkan kertas transparan yang cukup tebal agar tidak mudah sobek saat ditempelkan dan tidak mengganggu cahaya dari lilin atau lampu yang diletakkan di dalam lampion.

b. Potong kertas transparan

Potong kertas transparan sesuai dengan bentuk kerangka lampion yang sudah dibuat sebelumnya. Pastikan ukuran kertas transparan tidak lebih kecil atau lebih besar dari kerangka lampion.

c. Tempelkan kertas transparan pada kerangka lampion

Tempelkan kertas transparan pada kerangka lampion dengan menggunakan lem. Pastikan kertas transparan menempel dengan kuat dan rapi pada kerangka lampion.

5. Menambahkan Lilin atau Lampu Kecil pada Lampion

Setelah kertas transparan sudah menempel dengan kuat pada kerangka lampion, saatnya menambahkan lilin atau lampu kecil pada lampion. Lilin atau lampu kecil digunakan sebagai sumber cahaya pada lampion. Cara menambahkan lilin atau lampu kecil pada lampion adalah sebagai berikut:

a. Siapkan lilin atau lampu kecil

Siapkan lilin atau lampu kecil yang tidak mudah padam dan aman digunakan.

b. Tempatkan lilin atau lampu kecil pada bagian bawah lampion

Tempatkan lilin atau lampu kecil pada bagian bawah lampion. Pastikan lilin atau lampu kecil berada di tempat yang aman dan tidak mudah terbakar.

c. Nyalakan lilin atau lampu kecil

Nyalakan lilin atau lampu kecil agar lampion terlihat indah dengan efek cahaya yang dihasilkan.

6. Membuat Hiasan pada Lampion

Jika ingin membuat lampion lebih menarik, bisa menambahkan hiasan pada lampion. Hiasan bisa berupa kertas warna-warni, manik-manik, atau benda-benda kecil lainnya. Cara membuat hiasan pada lampion adalah sebagai berikut:

a. Siapkan bahan-bahan hiasan

Siapkan bahan-bahan hiasan seperti kertas warna-warni, manik-manik, atau benda-benda kecil lainnya. Pastikan bahan-bahan tersebut aman digunakan pada lampion.

b. Tempelkan hiasan pada kertas transparan

Tempelkan hiasan pada kertas transparan menggunakan lem. Pastikan hiasan menempel dengan kuat pada kertas transparan.

c. Tambahkan hiasan pada kerangka lampion

Tambahkan hiasan pada kerangka lampion dengan menempelkan kertas transparan yang sudah dihias pada posisi yang diinginkan.

7. Selesai

Lampion dari stik es krim sudah jadi. Letakkan lampion di tempat yang aman dan hindari dari bahan yang mudah terbakar. Dalam kondisi yang aman, lampion dari stik es krim bisa digunakan sebagai dekorasi pada perayaan hari besar atau sebagai hiasan di dalam rumah.

FAQs

1. Berapa banyak stik es krim yang diperlukan untuk membuat lampion berukuran besar?

Jumlah stik es krim yang diperlukan tergantung dari ukuran lampion yang diinginkan. Untuk lampion berukuran besar, bisa menggunakan lebih dari 100 stik es krim.

2. Apa yang bisa digunakan selain lilin atau lampu kecil sebagai sumber cahaya pada lampion?

Selain lilin atau lampu kecil, bisa menggunakan lampu LED sebagai sumber cahaya pada lampion. Lampu LED lebih aman dan tidak memancarkan panas seperti lilin atau lampu kecil.

3. Apa yang bisa digunakan sebagai hiasan pada lampion selain kertas warna-warni dan manik-manik?

Benda-benda kecil seperti kancing, kain flanel, atau bunga kertas juga bisa digunakan sebagai hiasan pada lampion.

4. Apakah lampion dari stik es krim tahan lama?

Lampion dari stik es krim tidak tahan lama karena stik es krim tidak tahan terhadap air dan udara. Namun, jika disimpan di tempat yang aman dan kering, lampion dari stik es krim bisa bertahan cukup lama.

5. Apakah lampion dari stik es krim aman digunakan?

Lampion dari stik es krim aman digunakan selama dilakukan dengan benar dan dijaga dari benda yang mudah terbakar seperti kain atau kertas. Pastikan juga tidak meninggalkan lampion yang sedang menyala tanpa pengawasan.

Leave a Comment