Cara Membuat Pastel Kering: Resep dan Tips Terbaik

Siapa yang tidak suka dengan pastel kering? Makanan ringan yang terbuat dari adonan tepung terigu yang diisi dengan berbagai macam bahan dan di dalamnya terdapat rasa gurih dan renyah. Pastel kering menjadi salah satu jajanan yang paling digemari di Indonesia. Tak heran jika banyak orang yang ingin mencoba membuatnya sendiri di rumah.

Namun, membuat pastel kering tidak selalu mudah. Ada beberapa tahapan yang harus diperhatikan agar hasilnya maksimal. Nah, pada artikel ini, kita akan membahas cara membuat pastel kering yang enak dan renyah.

Bahan-bahan yang Diperlukan

Sebelum memulai membuat pastel kering, pastikan bahan-bahan berikut tersedia:

1. Kulit Pastel

  • 250 gram tepung terigu
  • 100 gram margarin atau mentega
  • 1 butir telur
  • 1/2 sdt garam
  • Air secukupnya

2. Isian

Anda bisa memilih berbagai macam isian, seperti ayam, daging sapi, sayuran, atau kentang. Berikut adalah bahan-bahan isian yang dapat Anda gunakan:

  • 250 gram daging ayam atau daging sapi, potong dadu kecil
  • 3 butir telur, rebus dan potong dadu kecil
  • 1 buah wortel, potong dadu kecil
  • 100 gram kacang polong kalengan
  • 2 siung bawang putih, cincang halus
  • 2 sdm minyak goreng
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 1/2 sdt garam
  • Air secukupnya

Cara Membuat Pastel Kering

Berikut adalah tahapan cara membuat pastel kering:

1. Membuat Kulit Pastel

  1. Siapkan tepung terigu dan margarin atau mentega. Campurkan kedua bahan tersebut dalam wadah dan aduk hingga tercampur rata.
  2. Tambahkan telur dan garam ke dalam campuran tepung terigu dan margarin tadi. Aduk rata.
  3. Tambahkan air sedikit-sedikit sambil diuleni hingga adonan bisa dipulung dengan baik. Pastikan adonan tidak terlalu lembek atau kering.
  4. Diamkan adonan selama kurang lebih 30 menit agar adonan bisa lebih mudah diolah.
  5. Setelah itu, gilas adonan menggunakan rolling pin hingga mencapai ketebalan 1-2 mm. Potong adonan menjadi bentuk bulat dan beri isian di tengahnya.
  6. Lipat adonan menjadi dua dan rekatkan pinggirannya menggunakan sedikit air.
  7. Goreng pastel dalam minyak panas hingga matang dan berwarna kecoklatan. Pastikan minyak dalam wajan cukup banyak agar pastel tidak menempel dan ambilah pastel dengan saringan agar minyak tidak ikut masuk ke dalam pastel.
  8. Tiriskan pastel dan sajikan selagi hangat.

2. Membuat Isian Pastel

  1. Panaskan minyak goreng dalam wajan.
  2. Tumis bawang putih hingga harum.
  3. Masukkan daging ayam atau sapi dan aduk hingga berubah warna.
  4. Tambahkan wortel dan kacang polong ke dalam wajan dan aduk rata.
  5. Tambahkan telur yang sudah direbus dan dipotong dadu kecil.
  6. Tambahkan merica bubuk dan garam.
  7. Aduk rata dan masak hingga matang.
  8. Angkat dan tiriskan isian.

Tips Membuat Pastel Kering yang Nikmat

Agar pastel kering yang Anda buat bisa terasa nikmat, berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda ikuti:

1. Gunakan Margarin atau Mentega

Untuk membuat kulit pastel yang renyah, sebaiknya gunakan margarin atau mentega sebagai bahan utamanya. Keduanya akan memberikan rasa yang lebih gurih pada pastel kering.

2. Jangan Terlalu Banyak Menguleni Adonan

Saat menguleni adonan, jangan terlalu banyak menguleni. Cukup uleni hingga adonan bisa dipulung dengan baik. Terlalu banyak menguleni adonan akan membuat pastel kering jadi alot dan tidak renyah.

3. Beri Isian yang Cukup

Isian pastel kering jangan terlalu banyak atau terlalu sedikit. Beri isian yang cukup agar pastel kering tidak terlalu kosong atau terlalu penuh.

4. Gunakan Api Sedang

Saat menggoreng pastel kering, gunakan api sedang agar pastel kering bisa matang dengan sempurna. Menggoreng dengan api terlalu besar akan membuat pastel kering gosong di luar tapi belum matang di dalam.

5. Sajikan Selagi Hangat

Pastel kering paling nikmat jika disajikan selagi hangat. Jangan biarkan pastel kering terlalu lama sebelum disajikan karena pasti akan kehilangan kelezatannya.

Kesimpulan

Membuat pastel kering tidaklah sulit jika Anda sudah mengetahui tahapannya. Pastikan Anda mempersiapkan bahan-bahan dengan baik dan mengikuti tips-tips yang sudah dijelaskan di atas. Dengan begitu, pastel kering yang Anda buat akan enak dan renyah. Selamat mencoba!

FAQs

1. Bolehkah mengganti margarin atau mentega dengan minyak goreng?

Tidak disarankan untuk mengganti margarin atau mentega dengan minyak goreng karena bisa mempengaruhi tekstur kulit pastel yang dihasilkan.

2. Apakah pastel kering bisa dijadikan camilan untuk anak-anak?

Pastel kering dapat dijadikan camilan untuk anak-anak. Namun, pastikan anak-anak tidak terlalu sering mengonsumsi pastel kering karena terlalu banyak mengonsumsi makanan yang digoreng tidak baik untuk kesehatan.

3. Bagaimana cara membuat pastel kering tanpa menggunakan telur?

Anda bisa membuat pastel kering tanpa menggunakan telur. Namun, pastikan Anda mengganti jumlah air yang digunakan agar adonan tidak terlalu kering.

4. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuat pastel kering?

Waktu yang dibutuhkan untuk membuat pastel kering sekitar 1-2 jam tergantung pada jumlah pastel yang akan dibuat dan keahlian dalam mengolah adonan pastel kering.

5. Apakah pastel kering dapat disimpan?

Pastel kering dapat disimpan dalam wadah tertutup di dalam kulkas selama kurang lebih 2 hari. Tapi pastikan pastel kering sudah dingin sebelum disimpan agar kulitnya tetap renyah.

Leave a Comment