Cara Membuat Penghapus Papan Tulis

Papan tulis adalah salah satu media yang sering digunakan dalam kegiatan belajar mengajar. Agar papan tulis selalu bersih dan bisa digunakan kembali, diperlukan penghapus papan tulis. Namun, terkadang penghapus papan tulis yang ada di pasaran terasa kurang efektif dalam menghapus tinta papan tulis. Oleh karena itu, membuat penghapus papan tulis sendiri dapat menjadi alternatif yang lebih murah dan efektif. Berikut adalah cara membuat penghapus papan tulis yang dapat diikuti.

Alat dan Bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai membuat penghapus papan tulis, pastikan kamu menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan. Berikut adalah alat dan bahan yang perlu kamu siapkan:

1. Kain Flanel

Flanel adalah bahan yang bisa digunakan sebagai dasar penghapus papan tulis. Pilih flanel dengan warna cerah agar mudah dilihat ketika terjatuh di lantai atau meja.

2. Karet Gelang

Karet gelang yang elastis bisa digunakan sebagai tulang penghapus papan tulis. Pilih karet gelang yang tidak terlalu tebal dan mudah dijepit.

3. Gunting

Gunting berguna untuk memotong kain flanel dan karet gelang.

4. Penggaris

Penggaris digunakan untuk membantu memotong kain flanel dengan rata.

Langkah-Langkah Membuat Penghapus Papan Tulis

Setelah menyiapkan alat dan bahan, kamu bisa mulai membuat penghapus papan tulis dengan langkah-langkah sebagai berikut:

1. Potong Kain Flanel

Potong kain flanel dengan ukuran sekitar 20 x 10 cm. Pastikan kain flanel sudah rata dan tidak bergelombang.

2. Potong Karet Gelang

Potong karet gelang dengan ukuran sekitar 10 cm. Pastikan karet gelang tidak terlalu panjang atau pendek.

3. Jepit Karet Gelang di Kain Flanel

Jepit karet gelang di tengah kain flanel secara melintang. Pastikan karet gelang terjepit dengan kuat agar tidak mudah lepas.

4. Lipat Kain Flanel

Lipat kain flanel yang sudah diberi karet gelang menjadi dua bagian. Pastikan bagian tengah kain flanel diberi karet gelang.

5. Potong Kain Flanel Bagian Tepi

Potong bagian tepi kain flanel yang tidak terjepit karet gelang. Pastikan potongan rapi dan kain flanel masih terlipat.

6. Balik Penghapus Papan Tulis

Balik penghapus papan tulis agar karet gelang berada di tengah penghapus papan tulis. Pastikan bagian yang sudah dipotong berada di sisi yang benar.

7. Potong Sisi Lain Kain Flanel

Potong sisi lain kain flanel yang belum dipotong. Pastikan potongan rapi dan kain flanel masih terlipat.

8. Uji Coba

Uji coba penghapus papan tulis dengan mencobanya pada papan tulis. Pastikan penghapus papan tulis sudah bersih dan efektif menghapus tinta pada papan tulis.

Tips dan Trik Membuat Penghapus Papan Tulis

Agar penghapus papan tulis yang kamu buat lebih efektif dan tahan lama, kamu bisa mengikuti tips dan trik berikut ini:

1. Gunakan Kain Flanel yang Berkualitas

Pilih kain flanel yang berkualitas agar penghapus papan tulis yang kamu buat lebih tahan lama. Kain flanel yang berkualitas juga lebih efektif dalam menghapus tinta pada papan tulis.

2. Jangan Terlalu Banyak Menggunakan Penghapus Papan Tulis

Jangan terlalu banyak menggunakan penghapus papan tulis agar tinta tidak menumpuk pada penghapus papan tulis. Hal ini dapat membuat penghapus papan tulis menjadi cepat kotor dan kurang efektif menghapus tinta.

3. Simpan Penghapus Papan Tulis di Tempat yang Tepat

Saat tidak digunakan, simpan penghapus papan tulis di tempat yang tepat agar tidak terkena debu atau kotoran. Kamu bisa menyimpan penghapus papan tulis di dalam kotak atau wadah yang tertutup.

Kesimpulan

Membuat penghapus papan tulis sendiri dapat menjadi alternatif yang lebih murah dan efektif dalam menghapus tinta pada papan tulis. Dengan menggunakan kain flanel dan karet gelang, kamu bisa membuat penghapus papan tulis yang mudah dan cepat. Namun, pastikan kamu menggunakan kain flanel yang berkualitas agar penghapus papan tulismu lebih tahan lama dan efektif.

FAQs

1. Apakah penghapus papan tulis yang dibuat sendiri lebih efektif daripada yang dibeli di pasaran?

Penghapus papan tulis yang dibuat sendiri dapat lebih efektif dalam menghapus tinta pada papan tulis karena kamu bisa menggunakan kain flanel yang berkualitas dan menyesuaikan ukurannya dengan kebutuhanmu.

2. Berapa lama penghapus papan tulis yang dibuat sendiri bisa digunakan?

Penghapus papan tulis yang dibuat sendiri dapat digunakan selama beberapa bulan hingga satu tahun tergantung pada seberapa sering penghapus papan tulis tersebut digunakan dan bagaimana cara merawatnya.

3. Apa saja bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat penghapus papan tulis?

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat penghapus papan tulis antara lain kain flanel, karet gelang, gunting, dan penggaris.

4. Apakah penghapus papan tulis yang dibuat sendiri lebih murah daripada yang dibeli di pasaran?

Iya, penghapus papan tulis yang dibuat sendiri lebih murah daripada yang dibeli di pasaran karena kamu hanya perlu membeli bahan-bahannya saja.

5. Bagaimana cara membersihkan penghapus papan tulis yang sudah kotor?

Untuk membersihkan penghapus papan tulis yang sudah kotor, kamu bisa mencucinya dengan air mengalir dan sabun. Setelah itu, bilas kembali sampai bersih dan jemur hingga kering.

Leave a Comment