Cara Membuat Pola Dasar: Belajar Membuat Pola Baju dan Rok

Polas dasar merupakan dasar dari pembuatan pakaian. Tanpa pola dasar, kita tidak bisa membuat pakaian yang pas dan sesuai dengan bentuk tubuh kita. Pola dasar sendiri bisa diterapkan pada berbagai jenis pakaian, seperti baju dan rok. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara membuat pola dasar baju dan rok secara detail.

Persiapan Membuat Pola Dasar

Sebelum membuat pola dasar, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan. Berikut adalah persiapan yang perlu dilakukan sebelum membuat pola dasar:

1. Alat dan Bahan

Persiapan yang pertama adalah menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan, antara lain kertas pola, pensil, penghapus, jarum pentul, gunting, penggaris, dan meteran. Selain itu, kamu juga membutuhkan kain dan benang untuk membuat baju atau rok.

2. Ukuran Tubuh

Sebelum membuat pola dasar, kamu juga perlu mengukur tubuhmu dengan teliti. Ukur lingkar pinggang, pinggul, dada, dan panjang tubuh. Jangan lupa untuk mencatat hasil pengukuran tersebut, karena ini akan menjadi acuan saat membuat pola dasar.

Cara Membuat Pola Dasar Baju

Membuat pola dasar baju sebenarnya cukup mudah, asalkan kamu sudah mempersiapkan alat dan bahan dengan baik. Berikut adalah langkah-langkah cara membuat pola dasar baju:

1. Mengukur Lebar Bahu

Langkah pertama adalah mengukur lebar bahu. Caranya, letakkan meteran di bagian belakang bahu dan ukur hingga ke bagian depan bahu. Catat hasil pengukuran tersebut.

2. Mengukur Lingkar Dada dan Pinggang

Setelah mengukur lebar bahu, langkah selanjutnya adalah mengukur lingkar dada dan pinggang. Caranya, letakkan meteran di bagian terlebar dada dan pinggang dan ukur hingga kembali ke posisi awal. Catat hasil pengukuran tersebut.

3. Mengukur Panjang Baju

Langkah selanjutnya adalah mengukur panjang baju. Caranya, letakkan meteran di bawah ketiak dan ukur hingga ke bagian bawah baju. Catat hasil pengukuran tersebut.

4. Membuat Pola Bagian Depan

Setelah mengukur tubuh, langkah selanjutnya adalah membuat pola bagian depan. Caranya, gambar garis vertikal di tengah kertas pola, kemudian ukur setengah lebar bahu dan tandai titik tersebut. Ukur juga setengah lingkar dada dan pinggang di garis vertikal, kemudian tandai titik tersebut.

Untuk membuat leher, ukur sekitar 15 cm di bawah garis vertikal dan buat garis horizontal sepanjang 1/4 lingkar dada. Untuk lengan, ukur sekitar 2 cm di bawah garis bahu dan buat garis horizontal sepanjang setengah lingkar lengan. Kemudian, hubungkan semua titik dengan garis lurus dan potong pola.

5. Membuat Pola Bagian Belakang

Langkah selanjutnya adalah membuat pola bagian belakang. Caranya, tempatkan pola bagian depan di atas kertas pola dan gunakan sebagai acuan. Gambar garis pada kertas pola sesuai dengan pola bagian depan, kemudian tambahkan 2 cm pada sisi samping dan 5 cm pada bagian bawah untuk memberi ruang jahit. Potong pola dan pola bagian belakang sudah siap.

Cara Membuat Pola Dasar Rok

Selain membuat pola dasar baju, kamu juga bisa membuat pola dasar rok. Berikut adalah langkah-langkah cara membuat pola dasar rok:

1. Mengukur Pinggang dan Pinggul

Langkah pertama adalah mengukur lingkar pinggang dan pinggul. Caranya, letakkan meteran di bagian pinggang dan ukur hingga ke bagian pinggul. Catat hasil pengukuran tersebut.

2. Memutuskan Jenis Rok

Setelah mengukur tubuh, langkah selanjutnya adalah memutuskan jenis rok yang ingin dibuat. Ada beberapa jenis rok, antara lain rok lurus, rok A-line, dan rok lebar. Setelah memutuskan jenis rok, kamu bisa mencari pola dasar yang sesuai atau membuat pola dasar sendiri.

3. Membuat Pola Dasar Rok

Setelah memutuskan jenis rok, langkah selanjutnya adalah membuat pola dasar rok. Caranya, gambar garis horizontal di kertas pola sepanjang 1/4 lingkar pinggang. Untuk rok lurus, tambahkan 2 cm pada sisi samping dan 5 cm pada bagian bawah untuk memberi ruang jahit. Untuk rok A-line dan lebar, tambahkan 2 cm pada setiap sisi samping dan 10 cm pada bagian bawah untuk memberi ruang jahit. Potong pola dan pola dasar rok sudah siap.

Kesimpulan

Membuat pola dasar merupakan langkah penting dalam pembuatan pakaian. Dengan membuat pola dasar yang sesuai dengan bentuk tubuh, kamu bisa membuat pakaian yang pas dan nyaman dipakai. Untuk membuat pola dasar baju, kamu perlu mengukur lebar bahu, lingkar dada dan pinggang, dan panjang baju. Sedangkan untuk membuat pola dasar rok, kamu perlu mengukur lingkar pinggang dan pinggul, memutuskan jenis rok, dan membuat pola dasar yang sesuai.

FAQs

1. Mengapa penting membuat pola dasar?

Pola dasar merupakan acuan untuk membuat pakaian yang pas dan sesuai dengan bentuk tubuh. Tanpa pola dasar, kita sulit membuat pakaian yang pas dan nyaman dipakai.

2. Apa yang harus disiapkan sebelum membuat pola dasar?

Sebelum membuat pola dasar, kita perlu menyiapkan alat dan bahan seperti kertas pola, pensil, penghapus, jarum pentul, gunting, penggaris, dan meteran. Selain itu, kita juga perlu mengukur tubuh dengan teliti.

3. Bagaimana cara membuat pola dasar baju?

Untuk membuat pola dasar baju, kita perlu mengukur lebar bahu, lingkar dada dan pinggang, dan panjang baju. Kemudian, kita bisa membuat pola bagian depan dan belakang.

4. Apa saja jenis rok yang ada?

Ada beberapa jenis rok, antara lain rok lurus, rok A-line, dan rok lebar.

5. Bagaimana cara membuat pola dasar rok?

Untuk membuat pola dasar rok, kita perlu mengukur lingkar pinggang dan pinggul, memutuskan jenis rok yang ingin dibuat, dan membuat pola dasar yang sesuai.

Leave a Comment