Cara Membuat Trichoderma: Panduan Lengkap

Trichoderma adalah salah satu jenis jamur yang memiliki banyak manfaat bagi pertanian. Jamur ini mampu meningkatkan produktivitas tanaman, mengendalikan hama dan penyakit tanaman, serta meningkatkan kualitas tanah. Trichoderma juga ramah lingkungan dan aman digunakan. Namun, bagaimana cara membuat trichoderma sendiri? Berikut adalah panduan lengkap cara membuat trichoderma.

Persiapan Bahan-bahan

Sebelum membuat trichoderma, pastikan Anda telah menyiapkan semua bahan yang dibutuhkan. Berikut adalah bahan-bahan yang harus dipersiapkan:

1. Spora Trichoderma

Spora Trichoderma bisa didapatkan dari berbagai toko pertanian atau bisa juga dengan membeli bibit Trichoderma.

2. Media Tanam

Media tanam yang baik untuk Trichoderma adalah sekam padi, dedak, sekam bakar, dan ampas tahu.

3. Air

Air bersih yang cukup untuk mengairi media tanam.

4. Alat-alat

Alat yang dibutuhkan untuk membuat trichoderma adalah wadah plastik, tusuk gigi, dan kain kasa. Pastikan alat-alat yang digunakan dalam kondisi bersih dan steril.

Langkah-langkah Membuat Trichoderma

Berikut adalah langkah-langkah cara membuat trichoderma:

1. Persiapkan Media Tanam

Pilih media tanam yang sudah dikukus atau direbus. Kemudian, biarkan media tanam cukup dingin.

2. Campurkan Spora Trichoderma dengan Media Tanam

Ambil spora Trichoderma sebanyak 10% dari berat media tanam yang digunakan. Kemudian, campurkan spora tersebut dengan media tanam hingga merata. Pastikan tidak ada gumpalan spora yang terbentuk.

3. Basahi Media Tanam

Basahi media tanam hingga cukup lembab. Pastikan tidak terlalu basah dan tidak terlalu kering.

4. Tutup Wadah Plastik

Tutup wadah plastik dengan kain kasa agar udara tetap bisa masuk dan keluar namun debu dan serangga tidak bisa masuk ke dalam wadah. Tusuklah sedikit kain kasa dengan tusuk gigi agar udara bisa masuk dan keluar dengan baik.

5. Simpan di Tempat yang Tepat

Simpan wadah plastik dengan media tanam yang sudah dicampurkan dengan spora Trichoderma di tempat yang hangat dan tidak terkena sinar matahari langsung. Suhu ideal untuk pertumbuhan Trichoderma adalah antara 25-30 derajat Celsius.

6. Amati Pertumbuhan Trichoderma

Amati pertumbuhan Trichoderma setiap hari. Jika dalam beberapa hari belum ada tanda-tanda pertumbuhan, maka kemungkinan spora Trichoderma tidak berkualitas baik. Namun, jika sudah terlihat pertumbuhan Trichoderma, biarkan hingga Trichoderma menutupi seluruh media tanam.

7. Siap Digunakan

Trichoderma siap digunakan setelah seluruh media tanam tertutup oleh Trichoderma. Ambil bagian Trichoderma yang sudah tumbuh dengan steril untuk digunakan.

Cara Penggunaan Trichoderma

Trichoderma bisa digunakan pada berbagai tanaman seperti padi, jagung, sayuran, dan buah-buahan. Caranya adalah dengan mencampurkan Trichoderma dengan media tanam atau dengan menyemprotkan Trichoderma pada tanaman. Penggunaan Trichoderma secara rutin dapat meningkatkan produktivitas tanaman dan mengurangi penggunaan pestisida kimia.

Manfaat Trichoderma

Berikut adalah manfaat Trichoderma bagi pertanian:

1. Meningkatkan Produktivitas Tanaman

Trichoderma mampu meningkatkan produktivitas tanaman karena membantu meningkatkan penyerapan nutrisi tanaman dan meningkatkan kadar hara dalam tanah.

2. Mengendalikan Hama dan Penyakit Tanaman

Trichoderma mampu mengendalikan hama dan penyakit tanaman karena menghasilkan senyawa-senyawa antimikroba dan senyawa-senyawa lain yang mampu melawan hama dan penyakit.

3. Meningkatkan Kualitas Tanah

Trichoderma mampu meningkatkan kualitas tanah karena membantu mengurai bahan organik dalam tanah, meningkatkan sirkulasi udara dan air dalam tanah, dan meningkatkan keragaman mikroorganisme dalam tanah.

FAQs

1. Apa itu Trichoderma?

Trichoderma adalah salah satu jenis jamur yang memiliki banyak manfaat bagi pertanian, seperti meningkatkan produktivitas tanaman, mengendalikan hama dan penyakit tanaman, serta meningkatkan kualitas tanah.

2. Bagaimana cara membuat Trichoderma?

Untuk membuat Trichoderma, Anda membutuhkan spora Trichoderma, media tanam, air, dan alat-alat seperti wadah plastik, tusuk gigi, dan kain kasa. Campurkan spora Trichoderma dengan media tanam, basahi media tanam, tutup wadah plastik dengan kain kasa, dan simpan di tempat yang hangat dan tidak terkena sinar matahari langsung.

3. Bagaimana cara menggunakan Trichoderma?

Trichoderma bisa digunakan dengan mencampurkan Trichoderma dengan media tanam atau dengan menyemprotkan Trichoderma pada tanaman. Penggunaan Trichoderma secara rutin dapat meningkatkan produktivitas tanaman dan mengurangi penggunaan pestisida kimia.

4. Apa saja manfaat Trichoderma?

Manfaat Trichoderma bagi pertanian antara lain adalah meningkatkan produktivitas tanaman, mengendalikan hama dan penyakit tanaman, serta meningkatkan kualitas tanah.

5. Apa saja jenis tanaman yang bisa menggunakan Trichoderma?

Trichoderma bisa digunakan pada berbagai tanaman seperti padi, jagung, sayuran, dan buah-buahan.

Leave a Comment