Cara Menanam Pohon Mangga: Panduan Lengkap

Menanam pohon mangga bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin memulai kebun di rumah. Selain buahnya yang enak dan kaya akan nutrisi, pohon mangga juga bisa menjadi hiasan yang indah untuk halaman rumah Anda. Namun, sebelum Anda memulai menanam pohon mangga, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui terlebih dahulu.

Persiapan Awal

Sebelum menanam pohon mangga, pastikan bahwa lingkungan tempat Anda akan menanam memenuhi syarat untuk pertumbuhan pohon mangga. Beberapa syarat tersebut antara lain:

1. Sinar Matahari

Pohon mangga membutuhkan sinar matahari yang cukup untuk tumbuh dengan baik. Pastikan tempat Anda akan menanam pohon mangga mendapatkan sinar matahari minimal 6 jam sehari.

2. Drainase yang Baik

Pohon mangga membutuhkan tanah yang memiliki drainase yang baik. Tanah yang terlalu basah atau terlalu kering dapat menyebabkan pertumbuhan pohon mangga tidak maksimal.

3. Tanah yang Subur

Pohon mangga membutuhkan tanah yang subur dan kaya akan nutrisi. Pastikan Anda memberikan pupuk yang cukup pada tanah sebelum menanam pohon mangga.

Pemilihan Bibit Mangga yang Tepat

Setelah memastikan kondisi lingkungan tempat menanam, langkah selanjutnya adalah memilih bibit mangga yang tepat. Berikut beberapa hal yang perlu Anda perhatikan:

1. Jenis Mangga

Terdapat berbagai jenis mangga yang dapat Anda tanam, mulai dari mangga harumanis, arumanis, madu, dan masih banyak lagi. Pastikan Anda memilih jenis mangga yang sesuai dengan kondisi lingkungan dan keinginan Anda.

2. Kualitas Bibit

Pilihlah bibit mangga yang sehat dan berkualitas baik. Pastikan bibit tersebut tidak terdapat kerusakan pada bagian batang dan daun. Selain itu, pastikan pula bibit mangga tersebut bebas dari hama dan penyakit.

Proses Penanaman Mangga

Setelah mempersiapkan segalanya, saatnya memulai proses penanaman mangga. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu Anda lakukan:

1. Persiapan Lubang Tanam

Buatlah lubang tanam dengan ukuran yang cukup besar, yaitu sekitar 50 cm x 50 cm x 50 cm. Pastikan lubang tanam sudah diberi pupuk dan dicampur dengan tanah yang subur.

2. Penanaman Bibit Mangga

Letakkan bibit mangga di dalam lubang tanam dan tutup dengan tanah hingga bibit mangga tertutup penuh oleh tanah. Tekan-tekan tanah agar bibit mangga tidak goyah.

3. Penyiraman

Siramlah bibit mangga dengan air yang cukup, yaitu sekitar 2-3 liter air. Lakukan penyiraman secara rutin setiap hari, terutama pada musim kemarau.

4. Perawatan

Setelah bibit mangga ditanam, lakukan perawatan yang baik untuk memastikan pertumbuhan pohon mangga optimal. Beberapa hal yang perlu Anda perhatikan antara lain:

a. Pemupukan

Lakukan pemupukan secara rutin setiap bulan sekali dengan pupuk yang mengandung nitrogen, fosfor, dan kalium.

b. Penyiangan

Penyiangan dilakukan untuk membuang rumput liar yang tumbuh di sekitar pohon mangga. Hal ini dapat meminimalisir persaingan nutrisi antara pohon mangga dengan rumput liar.

c. Pemangkasan

Pemangkasan dilakukan untuk memperbaiki bentuk pohon mangga dan membuang cabang yang sakit atau rusak. Pemangkasan dilakukan setiap tahun sekali.

Pemanenan Mangga

Setelah beberapa tahun menanam pohon mangga, saatnya untuk memanen buah mangga. Berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat memanen buah mangga:

1. Waktu yang Tepat

Mangga yang siap panen biasanya memiliki warna yang sudah berubah menjadi kuning atau oranye. Selain itu, pada bagian pangkal buah mangga sudah terlihat lunak saat ditekan dengan jari.

2. Cara Memanen

Petiklah buah mangga dengan satu tangkai buah. Jangan tarik tangkai buah dengan keras, karena dapat merusak batang pohon mangga. Setelah itu, letakkan buah mangga di wadah yang bersih dan kering.

Kesimpulan

Pengetahuan yang cukup tentang cara menanam pohon mangga sangat penting untuk memastikan pertumbuhan pohon mangga optimal. Pastikan persiapan awal sudah dilakukan dengan baik, pemilihan bibit mangga yang tepat, proses penanaman mangga yang benar, dan perawatan yang baik agar pohon mangga dapat tumbuh optimal dan menghasilkan buah yang berkualitas.

FAQs After The Conclusion

1. Berapa Lama Waktu yang Dibutuhkan hingga Pohon Mangga Menghasilkan Buah?

Waktu yang dibutuhkan hingga pohon mangga menghasilkan buah bervariasi tergantung dari jenis mangga dan kondisi lingkungan tempat menanam. Namun, umumnya pohon mangga akan mulai menghasilkan buah pada usia 3-4 tahun setelah ditanam.

2. Apakah Pohon Mangga Membutuhkan Penyiraman yang Rutin?

Ya, pohon mangga membutuhkan penyiraman yang rutin terutama pada musim kemarau. Pastikan menyiram pohon mangga dengan air yang cukup sekitar 2-3 liter air setiap hari.

3. Apa yang Perlu Dilakukan Jika Pohon Mangga Terkena Hama dan Penyakit?

Jika pohon mangga terkena hama dan penyakit, segera lakukan tindakan pencegahan dengan memberikan pestisida dan fungisida yang sesuai. Selain itu, pastikan juga lingkungan sekitar tempat menanam pohon mangga bersih dari sisa-sia pepohonan dan rumput liar.

4. Apa yang Menjadi Penyebab Pohon Mangga Tidak Menghasilkan Buah?

Pohon mangga tidak menghasilkan buah bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti kurangnya sinar matahari yang cukup, kurangnya nutrisi pada tanah, atau bibit mangga yang tidak berkualitas baik. Pastikan Anda menanam pohon mangga pada tempat yang sesuai dan memberikan perawatan yang baik.

5. Bagaimana Cara Menjaga Agar Pohon Mangga Tetap Sehat dan Produktif?

Untuk menjaga agar pohon mangga tetap sehat dan produktif, pastikan melakukan pemangkasan secara rutin setiap tahun, memberikan pupuk yang cukup pada tanah, dan melakukan perawatan lainnya seperti penyiraman dan penyiangan secara rutin.

Leave a Comment