Cara Mencangkok Pohon: Teknik, Manfaat, dan Tips

Cangkok atau grafting adalah proses penyambungan antara dua tanaman untuk menghasilkan tumbuhan baru yang memiliki sifat-sifat yang diinginkan. Dalam dunia perkebunan, teknik mencangkok sering digunakan untuk memperbanyak tanaman dan menghasilkan buah dengan kualitas yang lebih baik.

Apa Itu Mencangkok Pohon?

Mencangkok pohon adalah salah satu teknik perbanyakan tanaman yang dilakukan dengan menyambungkan dua tanaman yang berbeda menjadi satu. Dalam proses mencangkok, bagian atas pohon yang akan dijadikan sebagai induk (scion) diambil dan disambungkan dengan bagian bawah pohon atau batang yang akan dijadikan sebagai akar (rootstock).

Proses ini dilakukan dengan cara memotong batang atau cabang yang akan dijadikan sebagai scion dengan sudut miring kemudian disambungkan dengan batang atau cabang yang dijadikan sebagai rootstock dengan bentuk yang sama. Setelah itu, bagian yang disambungkan dilindungi dengan bahan yang dapat membantu proses penyambungan dan mempercepat pertumbuhan.

Manfaat Mencangkok Pohon

Proses mencangkok pohon memiliki beberapa manfaat, di antaranya:

1. Mempercepat Waktu Menghasilkan Buah

Dalam proses cangkok, scion yang diambil biasanya berasal dari pohon yang sudah menghasilkan buah dengan kualitas yang baik. Dengan menyambungkan scion tersebut dengan rootstock yang lebih cepat tumbuh dan berkembang, waktu untuk menghasilkan buah dapat dipersingkat dengan hasil yang lebih baik.

2. Meningkatkan Kualitas Buah

Dalam beberapa kasus, rootstock yang digunakan dalam proses mencangkok pohon dapat mempengaruhi kualitas buah yang dihasilkan. Beberapa rootstock dapat membantu meningkatkan keberhasilan produksi buah, memperbaiki rasa, serta meningkatkan daya tahan terhadap penyakit dan serangan hama.

3. Memperbanyak Tanaman dengan Cepat

Dengan menggunakan teknik mencangkok, tanaman dapat diperbanyak dengan cepat dan efisien. Hal ini sangat berguna dalam memperbanyak tanaman yang sulit untuk diperbanyak dengan cara tradisional seperti stek atau biji.

Teknik-Teknik Mencangkok Pohon

Ada beberapa teknik mencangkok yang dapat dilakukan, di antaranya:

1. Mencangkok Udara (Air Layering)

Teknik mencangkok udara dilakukan dengan cara memotong kulit batang atau cabang pohon pada bagian tertentu kemudian melilitkan bahan yang dapat menahan kelembapan seperti lumut atau sphagnum moss. Setelah itu, bagian yang terlilit tersebut dilindungi dengan plastik atau kain lembab untuk membantu menjaga kelembapannya.

Setelah beberapa waktu, akar akan tumbuh di dalam bahan pelindung tersebut. Setelah akar sudah cukup besar dan kuat, cabang atau batang yang dicanangkan tersebut dapat dipotong dan disambungkan dengan rootstock.

2. Mencangkok Tanah (Ground Layering)

Teknik mencangkok tanah dilakukan dengan cara memiringkan atau menutupi cabang atau batang pohon dengan tanah. Setelah beberapa waktu, akar akan tumbuh dari bagian yang tertutup oleh tanah tersebut. Setelah akar sudah cukup kuat, cabang atau batang tersebut dapat dipotong dan disambungkan dengan rootstock.

3. Mencangkok Biasa (Whip Grafting)

Teknik mencangkok biasa dilakukan dengan cara memotong scion dengan sudut miring kemudian membentuk sudut miring di bagian rootstock yang akan disambungkan. Setelah itu, kedua bagian tersebut disambungkan dan dilindungi dengan bahan pelindung seperti parafin atau perekat khusus.

Tips Mencangkok Pohon

Berikut adalah beberapa tips dalam melakukan proses mencangkok pohon:

1. Pilih Scion dan Rootstock yang Tepat

Pilihlah scion dan rootstock yang memiliki sifat-sifat yang diinginkan. Scion yang dipilih biasanya berasal dari pohon yang sudah menghasilkan buah dengan kualitas yang baik, sedangkan rootstock yang dipilih biasanya memiliki kecepatan pertumbuhan yang baik dan tahan terhadap penyakit dan serangan hama.

2. Gunakan Bahan Pelindung yang Tepat

Gunakan bahan pelindung yang tepat untuk melindungi bagian yang disambungkan dari kerusakan dan infeksi. Beberapa bahan pelindung yang cocok untuk proses mencangkok pohon antara lain parafin, perekat khusus, dan kawat.

3. Pilih Waktu yang Tepat

Pilih waktu yang tepat untuk melakukan proses mencangkok. Biasanya, proses mencangkok dilakukan pada musim semi atau awal musim panas ketika suhu udara relatif hangat dan kelembapan udara cukup tinggi.

Kesimpulan

Mencangkok pohon adalah salah satu teknik perbanyakan tanaman yang dilakukan dengan menyambungkan dua tanaman yang berbeda menjadi satu. Proses ini memiliki beberapa manfaat, di antaranya mempercepat waktu menghasilkan buah, meningkatkan kualitas buah, dan memperbanyak tanaman dengan cepat.

Ada beberapa teknik mencangkok yang dapat dilakukan, di antaranya mencangkok udara, mencangkok tanah, dan mencangkok biasa. Dalam melakukan proses mencangkok, pilihlah scion dan rootstock yang tepat, gunakan bahan pelindung yang tepat, dan pilih waktu yang tepat.

FAQs

1. Apa itu teknik mencangkok?

Teknik mencangkok adalah proses penyambungan antara dua tanaman yang berbeda menjadi satu untuk memperbanyak tanaman dan menghasilkan buah dengan kualitas yang lebih baik.

2. Apa manfaat dari teknik mencangkok?

Proses mencangkok pohon memiliki beberapa manfaat, di antaranya mempercepat waktu menghasilkan buah, meningkatkan kualitas buah, dan memperbanyak tanaman dengan cepat.

3. Apa saja teknik mencangkok yang dapat dilakukan?

Ada beberapa teknik mencangkok yang dapat dilakukan, di antaranya mencangkok udara, mencangkok tanah, dan mencangkok biasa.

4. Kapan waktu yang tepat untuk melakukan proses mencangkok?

Proses mencangkok biasanya dilakukan pada musim semi atau awal musim panas ketika suhu udara relatif hangat dan kelembapan udara cukup tinggi.

5. Apa tips dalam melakukan proses mencangkok pohon?

Beberapa tips dalam melakukan proses mencangkok pohon antara lain memilih scion dan rootstock yang tepat, menggunakan bahan pelindung yang tepat, dan memilih waktu yang tepat.

Leave a Comment