Cara Mengatasi Payudara Bengkak karena Tidak Menyusui

Payudara bengkak adalah masalah umum yang sering dialami oleh wanita setelah melahirkan. Namun, payudara yang bengkak juga bisa terjadi pada wanita yang tidak menyusui. Apa yang menyebabkan payudara bengkak karena tidak menyusui, dan bagaimana cara mengatasinya? Simak artikel ini untuk mengetahui solusinya.

Apa itu Payudara Bengkak?

Payudara bengkak adalah kondisi di mana payudara menjadi lebih besar, lebih berat, dan terasa sakit. Kondisi ini terjadi karena adanya penumpukan cairan, darah, atau jaringan di dalam payudara. Payudara bengkak sering terjadi pada wanita setelah melahirkan, terutama pada ibu yang menyusui. Namun, payudara bengkak juga bisa terjadi pada wanita yang tidak menyusui.

Apa yang Menyebabkan Payudara Bengkak karena Tidak Menyusui?

Payudara bengkak karena tidak menyusui biasanya terjadi karena adanya perubahan hormon yang terjadi di dalam tubuh wanita. Saat seorang wanita hamil, tubuhnya mempersiapkan diri untuk menyusui bayi yang akan lahir. Hormon prolaktin dan oksitosin diproduksi lebih banyak selama kehamilan dan menyusui. Hormon ini membantu memproduksi dan mengeluarkan ASI.

Saat seorang wanita tidak menyusui setelah melahirkan, produksi hormon prolaktin dan oksitosin akan menurun secara bertahap. Hal ini bisa menyebabkan payudara bengkak karena terjadi akumulasi cairan di dalam payudara. Selain itu, perubahan hormon juga bisa menyebabkan payudara terasa sakit dan kencang.

Bagaimana Cara Mengatasi Payudara Bengkak karena Tidak Menyusui?

Payudara bengkak karena tidak menyusui bisa diatasi dengan beberapa cara berikut:

1. Kompres Dingin

Kompres dingin bisa membantu meredakan rasa sakit dan bengkak pada payudara. Caranya, siapkan handuk bersih dan basahi dengan air dingin. Kemudian, peras handuk dan letakkan di atas payudara yang bengkak selama 15-20 menit. Ulangi beberapa kali dalam sehari.

2. Kompres Hangat

Jika kondisi payudara sudah tidak terlalu bengkak dan terasa sakit, kompres hangat bisa membantu memperlancar aliran darah dan meningkatkan produksi ASI. Caranya, siapkan handuk bersih dan basahi dengan air hangat. Kemudian, peras handuk dan letakkan di atas payudara selama 15-20 menit. Ulangi beberapa kali dalam sehari.

3. Pijat Payudara

Pijat payudara bisa membantu meredakan rasa sakit dan memperlancar aliran darah di dalam payudara. Caranya, letakkan tangan di bawah payudara dan pijat payudara dengan gerakan memutar dan lembut ke atas. Lakukan selama beberapa menit. Pijat payudara bisa dilakukan sebelum atau setelah mandi.

4. Olahraga Ringan

Olahraga ringan seperti berjalan kaki atau senam hamil bisa membantu mengatasi payudara bengkak. Olahraga ringan bisa membantu memperlancar aliran darah di dalam tubuh dan mengurangi rasa sakit pada payudara.

5. Konsumsi Air Putih yang Cukup

Konsumsi air putih yang cukup bisa membantu mengurangi pembengkakan pada payudara. Selain itu, konsumsi air putih yang cukup juga bisa membantu menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

6. Hindari Memakai Bra yang Ketat

Mengenakan bra yang ketat bisa menghambat aliran darah di dalam payudara dan memperburuk kondisi payudara yang bengkak. Pilihlah bra yang pas dan nyaman untuk dikenakan.

7. Konsumsi Obat Pereda Nyeri

Jika rasa sakit pada payudara sangat mengganggu, konsumsi obat pereda nyeri seperti parasetamol bisa membantu meredakan rasa sakit. Namun, sebaiknya konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi obat.

Kapan Harus Menghubungi Dokter?

Jika payudara terus-menerus bengkak, terasa sakit, dan sulit untuk diatasi dengan cara-cara di atas, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter. Payudara bengkak yang tidak diobati bisa menyebabkan infeksi dan abses, yang bisa berbahaya bagi kesehatan.

Kesimpulan

Payudara bengkak karena tidak menyusui bisa diatasi dengan beberapa cara seperti kompres dingin, kompres hangat, pijat payudara, olahraga ringan, konsumsi air putih yang cukup, hindari memakai bra yang ketat, dan konsumsi obat pereda nyeri. Jika payudara terus-menerus bengkak dan terasa sakit, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter.

FAQs

1. Apakah payudara yang bengkak karena tidak menyusui bisa menyebabkan kanker payudara?

Tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa payudara yang bengkak karena tidak menyusui bisa menyebabkan kanker payudara.

2. Apakah payudara yang bengkak karena tidak menyusui bisa sembuh dengan sendirinya?

Payudara bengkak karena tidak menyusui bisa sembuh dengan sendirinya dalam beberapa minggu atau bulan.

3. Apakah payudara yang bengkak karena tidak menyusui bisa diobati dengan pengobatan tradisional?

Pengobatan tradisional seperti minum jamu atau menggunakan ramuan tertentu belum terbukti secara ilmiah bisa mengatasi payudara bengkak karena tidak menyusui. Sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

4. Apakah payudara yang bengkak karena tidak menyusui bisa menyebabkan masalah pada bayi?

Tidak, payudara yang bengkak karena tidak menyusui tidak akan menyebabkan masalah pada bayi.

5. Apakah payudara bengkak bisa dihindari?

Payudara bengkak bisa dihindari dengan cara menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan, seperti mengonsumsi makanan bergizi, berolahraga secara teratur, dan menghindari stres yang berlebihan.

Leave a Comment