Cara Mengusir Tokek Agar Tidak Kembali Lagi

Apakah Anda merasa terganggu dengan keberadaan tokek di rumah Anda? Tokek memang sering kali menjadi hama yang mengganggu ketenangan rumah. Selain berisik, keberadaannya juga bisa menjadi tanda adanya masalah di rumah. Untuk itu, kita perlu mengetahui cara mengusir tokek agar tidak kembali lagi. Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda coba.

Menggunakan Bahan Alami

1. Daun Sirih

Caranya cukup mudah, letakkan daun sirih di dalam ruangan yang sering dihuni oleh tokek. Daun sirih dipercaya dapat membuat tokek enggan untuk datang ke ruangan tersebut.

2. Kulit Jeruk

Kulit jeruk yang sudah dikeringkan juga dapat menjadi alternatif untuk mengusir tokek. Cukup letakkan kulit jeruk di dalam ruangan dan gantungkan di beberapa sudut ruangan.

3. Cengkeh

Anda juga bisa mencoba menggunakan cengkeh untuk mengusir tokek. Caranya, campurkan beberapa tetes minyak cengkeh dengan air dan semprotkan ke sudut-sudut ruangan.

Menggunakan Obat Anti-Tokek

1. Baygon Anti-Tokek

Baygon Anti-Tokek adalah salah satu obat yang bisa Anda gunakan untuk mengusir tokek. Obat ini sangat efektif dan mudah digunakan. Cukup semprotkan ke sudut-sudut ruangan yang sering dihuni oleh tokek.

2. Kaempferia Galanga

Kaempferia Galanga adalah tanaman yang memiliki khasiat untuk mengusir tokek. Caranya, letakkan potongan daun Kaempferia Galanga di sudut-sudut ruangan yang sering dihuni oleh tokek.

Menjaga Kebersihan Rumah

1. Membersihkan Sisa Makanan

Kebersihan rumah sangat penting dalam menghindari keberadaan tokek. Pastikan Anda membersihkan sisa makanan atau minuman yang ada di dalam rumah. Sisa makanan dan minuman menjadi daya tarik bagi tokek untuk datang ke rumah.

2. Membersihkan Tempat-Tempat yang Lembab

Tokek sangat suka dengan tempat yang lembab. Oleh karena itu, pastikan Anda membersihkan tempat-tempat yang lembab seperti kamar mandi atau dapur.

Menutup Celah-Celah di Rumah

1. Memasang Jaring Serangga

Memasang jaring serangga dapat menjadi alternatif untuk menutup celah-celah di rumah. Jaring serangga dapat mencegah tokek untuk masuk ke dalam rumah.

2. Menutup Celah-Celah di Dinding

Celah-celah di dinding juga dapat menjadi jalan masuk bagi tokek. Pastikan Anda menutup celah-celah tersebut dengan bahan yang sesuai seperti semen atau karet.

Memasang Lampu Anti Serangga

1. Lampu UV

Lampu UV dapat menarik perhatian serangga seperti lalat atau nyamuk. Ketika serangga mendekat, maka mereka akan mati karena kemasukan listrik. Hal ini juga berlaku untuk tokek. Anda bisa memasang lampu UV di beberapa sudut ruangan.

2. Lampu LED

Lampu LED juga dapat digunakan untuk mengusir tokek. Lampu LED menghasilkan sinar yang cukup terang sehingga tokek akan enggan untuk datang ke ruangan tersebut.

Memanggil Jasa Pengendalian Hama

Jika cara-cara di atas belum efektif untuk mengusir tokek, maka Anda bisa memanggil jasa pengendalian hama. Jasa ini akan memberikan solusi yang lebih efektif untuk mengusir tokek dari rumah Anda.

Kesimpulan

Mengusir tokek memang bisa menjadi hal yang sulit, namun dengan beberapa cara di atas, Anda bisa mencoba untuk mengusirnya dari rumah Anda. Penting untuk diingat bahwa menjaga kebersihan rumah dan menutup celah-celah di rumah juga sangat penting dalam mencegah keberadaan tokek. Jika semua cara di atas belum berhasil, maka Anda bisa memanggil jasa pengendalian hama untuk memberikan solusi yang lebih efektif.

FAQs

1. Apa bahaya dari keberadaan tokek di rumah?

Keberadaan tokek di rumah bisa menjadi tanda adanya masalah di rumah seperti kelembaban yang tinggi atau adanya sumber makanan yang tidak tertutup rapat. Selain itu, tokek juga bisa membawa kuman dan bakteri yang berbahaya bagi kesehatan manusia.

2. Apakah daun sirih efektif untuk mengusir tokek?

Daun sirih dipercaya dapat mengusir tokek, namun efektivitasnya masih belum terbukti secara ilmiah.

3. Apakah Baygon Anti-Tokek aman digunakan di dalam rumah?

Baygon Anti-Tokek aman digunakan di dalam rumah asalkan digunakan sesuai dengan petunjuk dan tidak digunakan secara berlebihan.

4. Apakah lampu LED dapat mengusir tokek?

Lampu LED dapat mengusir tokek, namun efektivitasnya tergantung pada kecerahan lampu dan kemampuan tokek untuk menyesuaikan diri dengan cahaya tersebut.

5. Apakah jasa pengendalian hama mahal?

Harga jasa pengendalian hama bervariasi tergantung pada jenis hama dan tingkat keparahan infestasi. Namun, jasa pengendalian hama biasanya cukup terjangkau dan sebanding dengan hasil yang didapatkan.

Leave a Comment