Cara Pemasangan Atribut Pramuka

Pendahuluan

Pramuka adalah sebuah organisasi kepanduan yang banyak diminati oleh anak-anak muda di Indonesia. Salah satu identitas dari pramuka adalah atribut yang dikenakannya. Atribut pramuka terdiri dari beberapa jenis, seperti tanda pangkat, tanda kecabangan, dan atribut khusus. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara pemasangan atribut pramuka dengan benar dan sesuai dengan aturan yang berlaku.

Tanda Pangkat

Pengertian Tanda Pangkat

Tanda pangkat adalah lambang yang menunjukkan tingkat keanggotaan seseorang dalam pramuka. Ada beberapa tingkatan dalam tanda pangkat pramuka, yaitu siaga, penggalang, penegak, dan pandega. Setiap tingkatan memiliki tanda pangkat yang berbeda.

Cara Memasang Tanda Pangkat

Tanda pangkat dipasang pada pakaian pramuka, baik seragam harian maupun seragam upacara. Pada seragam harian, tanda pangkat dipasang pada lengan kiri baju pramuka di atas saku. Sedangkan pada seragam upacara, tanda pangkat dipasang pada bahu kanan baju pramuka.

Tanda Kecabangan

Pengertian Tanda Kecabangan

Tanda kecabangan adalah lambang yang menunjukkan cabang pramuka yang diikuti oleh seseorang. Ada beberapa cabang pramuka, seperti pramuka penggalang, pramuka penegak, dan pramuka pandega. Setiap cabang pramuka memiliki tanda kecabangan yang berbeda.

Cara Memasang Tanda Kecabangan

Tanda kecabangan dipasang pada bahu kiri baju pramuka, baik seragam harian maupun seragam upacara. Pada seragam harian, tanda kecabangan dipasang di atas saku pada bahu kiri. Sedangkan pada seragam upacara, tanda kecabangan dipasang di bahu kiri dekat tanda pangkat.

Atribut Khusus

Pengertian Atribut Khusus

Atribut khusus adalah lambang yang menunjukkan keanggotaan seseorang dalam suatu kegiatan atau penghargaan tertentu dalam pramuka. Contoh atribut khusus antara lain tanda pelantikan, tanda kecakapan khusus, dan tanda kehormatan.

Cara Memasang Atribut Khusus

Atribut khusus dipasang di atas saku pada baju pramuka. Namun, tempat pemasangan dapat berbeda-beda tergantung dari jenis atribut khusus yang dipasang. Sebaiknya, sesuaikan dengan aturan yang berlaku pada atribut khusus tersebut.

Kesimpulan

Dalam pemasangan atribut pramuka, kita harus memperhatikan aturan yang berlaku agar tidak salah dalam memasangnya. Tanda pangkat dipasang di lengan kiri atau bahu kanan, tanda kecabangan dipasang di bahu kiri, dan atribut khusus dipasang di atas saku. Dengan memasang atribut pramuka dengan benar, kita dapat menunjukkan identitas kita sebagai anggota pramuka yang taat aturan.

FAQs

1. Apa itu atribut pramuka?

Atribut pramuka adalah lambang yang menunjukkan identitas keanggotaan dalam pramuka. Atribut pramuka terdiri dari beberapa jenis, seperti tanda pangkat, tanda kecabangan, dan atribut khusus.

2. Apa saja jenis tanda pangkat dalam pramuka?

Tanda pangkat dalam pramuka terdiri dari beberapa tingkatan, yaitu siaga, penggalang, penegak, dan pandega.

3. Apa beda tanda kecabangan dan tanda pangkat?

Tanda kecabangan menunjukkan cabang pramuka yang diikuti oleh seseorang, sedangkan tanda pangkat menunjukkan tingkat keanggotaan seseorang dalam pramuka.

4. Bagaimana cara memasang atribut pramuka pada seragam harian?

Tanda pangkat dipasang pada lengan kiri baju pramuka di atas saku, tanda kecabangan dipasang di atas saku pada bahu kiri, dan atribut khusus dipasang di atas saku.

5. Bagaimana cara memasang atribut pramuka pada seragam upacara?

Tanda pangkat dipasang pada bahu kanan baju pramuka, tanda kecabangan dipasang di bahu kiri dekat tanda pangkat, dan atribut khusus dipasang di atas saku.

Leave a Comment