Tata Cara Sholat Isya Beserta Gambarnya

Sholat merupakan salah satu ibadah yang wajib dilakukan oleh umat Muslim. Sholat dapat dilakukan di dua waktu yaitu sholat fardhu dan sholat sunnah. Di antara sholat fardhu, sholat isya merupakan sholat terakhir yang dilakukan pada malam hari sebelum waktu tidur.

Untuk melakukan sholat isya, diperlukan pengetahuan mengenai tata cara dan gerakan yang harus dilakukan. Berikut adalah tata cara sholat isya beserta gambarnya.

Persiapan Sebelum Sholat Isya

Memilih Tempat yang Bersih dan Suci

Sebelum melaksanakan sholat isya, pastikan memilih tempat yang bersih dan suci. Tempat tersebut harus bebas dari najis dan bau yang tidak sedap. Pilih juga tempat yang tenang agar dapat berkonsentrasi dalam melaksanakan sholat.

Membaca Niat Sholat Isya

Sebelum memulai sholat, bacalah niat sholat isya terlebih dahulu. Niat sholat isya dapat dibaca dalam hati atau diucapkan dengan lisan.

Tata Cara Sholat Isya

Berdiri Menghadap Kiblat

Setelah membaca niat, berdirilah menghadap kiblat dengan posisi kaki rapat. Letakkan tangan kanan di atas tangan kiri di atas dada, sambil membaca takbiratul ihram. Takbiratul ihram adalah kalimat Allahu Akbar yang dibaca saat memulai sholat.

Membaca Doa Iftitah

Setelah takbiratul ihram, membaca doa iftitah sebelum membaca Al-Fatihah. Doa iftitah dapat dibaca dalam hati atau diucapkan dengan lisan. Setelah itu, membaca Al-Fatihah.

Membaca Surat Pendek atau Panjang

Setelah membaca Al-Fatihah, membaca surat pendek atau panjang sesuai dengan pilihan. Surat pendek yang biasa dibaca pada sholat isya adalah surat Al-Ikhlas atau surat Al-Kafirun.

Rukuk

Setelah membaca surat, rukuklah dengan posisi tangan di atas lutut. Posisi kepala di bawah punggung dan membaca doa rukuk. Doa rukuk adalah subhanallahul adzim yang dibaca sebanyak tiga kali.

Bangun dari Rukuk

Setelah rukuk, bangunlah ke posisi berdiri dengan membaca takbir. Posisi tangan seperti pada saat takbiratul ihram, dengan kedua tangan di atas dada.

Sujud

Setelah berdiri, sujudlah dengan posisi tangan di samping badan. Posisi kepala di bawah dan membaca doa sujud. Doa sujud adalah subhanallahul a’la yang dibaca sebanyak tiga kali.

Duduk di Antara Dua Sujud

Setelah sujud, duduk dengan posisi tangan di atas lutut dan membaca doa duduk di antara dua sujud. Doa duduk di antara dua sujud adalah rabbi ighfirli yang dibaca satu kali.

Sujud Kedua

Setelah duduk di antara dua sujud, sujud lagi dengan posisi tangan di samping badan. Posisi kepala di bawah dan membaca doa sujud. Doa sujud adalah subhanallahul a’la yang dibaca sebanyak tiga kali.

Bangun dari Sujud Kedua

Setelah sujud kedua, bangunlah ke posisi duduk dengan posisi tangan di atas lutut. Posisi kepala sedikit diangkat dan membaca doa duduk di antara dua sujud. Doa duduk di antara dua sujud adalah rabbi ighfirli yang dibaca satu kali.

Tahiyat Awal

Setelah bangun dari sujud kedua, duduklah dengan posisi tangan di atas lutut. Membaca tahiyat awal dengan membaca doa Attahiyyat. Attahiyyat dibaca dengan diikuti bacaan shalawat atas Nabi Muhammad.

Tahiyat Akhir

Setelah membaca tahiyat awal, membaca doa salam. Doa salam adalah Assalamu’alaikum warahmatullah yang dibaca sebanyak dua kali.

Membaca Doa Setelah Sholat

Setelah membaca salam, membaca doa setelah sholat. Doa setelah sholat dapat dibaca dalam hati atau diucapkan dengan lisan.

Gambar Tata Cara Sholat Isya

Berikut adalah gambar tata cara sholat isya beserta gerakan yang harus dilakukan.

Gambar Tata Cara Sholat IsyaSource: bing.com

FAQs (Frequently Asked Questions)

1. Apa itu sholat isya?

Sholat isya adalah sholat terakhir pada malam hari sebelum waktu tidur. Sholat ini merupakan salah satu sholat fardhu yang wajib dilakukan oleh umat Muslim.

2. Apa saja persiapan yang harus dilakukan sebelum sholat isya?

Persiapan yang harus dilakukan sebelum sholat isya adalah memilih tempat yang bersih dan suci serta membaca niat sholat isya.

3. Bagaimana tata cara sujud dalam sholat isya?

Untuk sujud dalam sholat isya, posisi tangan berada di samping badan dan kepala berada di bawah. Membaca doa sujud sebanyak tiga kali.

4. Apa saja doa yang harus dibaca dalam sholat isya?

Doa yang harus dibaca dalam sholat isya antara lain niat sholat isya, doa iftitah, Al-Fatihah, surat pendek atau panjang, doa rukuk, doa sujud, doa duduk di antara dua sujud, tahiyat awal, doa salam, dan doa setelah sholat.

5. Apa saja gerakan yang harus dilakukan dalam sholat isya?

Gerakan yang harus dilakukan dalam sholat isya antara lain berdiri, membaca doa iftitah, membaca Al-Fatihah, membaca surat pendek atau panjang, rukuk, sujud, duduk di antara dua sujud, tahiyat awal, doa salam, dan doa setelah sholat.

Leave a Comment